Bareng Kodim 0833, Menwa Unikama Gembleng Siswa SMA/SMK Se-Malang Raya

KOTA MALANG – TNI (Tentara Nasional Indonesia) punya Peraturan Panglima (Perpang) baru terkait baris-berbaris. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Menwa (Resimen Mahasiswa) Sat 837 Ganeca Wira Tama Unikama (Universitas Kanjuruhan Malang) sebagai organisasi kampus yang bergerak di bidang itupun merasa punya andil dalam sosialisasi ke adik-adik mereka.

Ya, puluhan siswa SMA/SMK se Malang Raya diajak latihan bareng terkait Perpang baru ini oleh Menwa Unikama. Latihan gabungan ini bertujuan untuk sosialisasi Peraturan Panglima (Perpang) TNI nomor 58 tahun 2018 tentang peraturan baris-berbaris.

“Perpangnya ada yang baru, makanya kami ingin belajar langsung dari pemateri. Kalau ini spesial kita hadirkan dari anggota TNI langsung dari Kodim 0833,” ujar Komandan Menwa Unikama, Muhammad Ali Maksum, Selasa, (10/12).

Tak tanggung-tanggung, Latgab (Latihan gabungan) sekaligus sosialisasi Perpang (Peraturan Panglima) No. 58 Tahun 2019 tentang baris berbaris ini diikuti sekitar 167 siswa-siswi dari organisasi paskibra 11 sekolah SMA/SMK sederajat se-Malang Raya.

“Peserta siswa ini rata-rata juga merupakan anggota paskibraka, jadi sekaligus kami ajak belajar bareng peraturan baru ini supaya mereka juga bisa menularkan,” tukas Ali.

Spesial, Pelda (Pembantu Letnan Dua) Nugroho dihadirkan langsung dari Kodim 0833 Kota Malang.

Acara ini juga sebagai bentuk terima kasih, pasalnya, Menwa Unikama selama ini juga selalu berpartner dengan Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera).

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan adik-adik Paskibra. Masing-masing sekolah mengirimkan kurang lebih 10 orang beserta 1 pendamping atau pelatih untuk menghadiri kegiatan ini,” tutupnya.

Latgab diadakan di lapangan Unikama. Pada kegiatan perdana yang diadakan Menwa ini, Ali hanya berharap kedepannya kegiatan ini bisa terus berlanjut setiap tahun dan bertambah banyak pesertanya.

Sementara itu, Pelda Nugroho perwakilan Kodim 0833 juga turut menghimbau siswa agar terus berlatih lagi. Ia menegaskan mengasah kemampuan baris berbaris tidaklah mudah membutuhkan jam terbang tinggi.

“Tidak hanya siswa saja yang harus terus berlatih, saya akan melatih Menwa Unikama agar nantinya mereka bisa menularkan ilmu baris berbaris ini kepada adik-adik paskibra,” singkatnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Unikama
Penyunting: Fia