Bapak Tega Aniaya Anak Sendiri

TIRTOYUDO – Apa yang dilakukan Tajab, 30, warga Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, ini sungguh keterlaluan. Dia yang sering kesal dengan kelakuan Mawar (bukan nama sebenarnya), anak kandungnya sendiri, tega melakukan penganiayaan. Jenis perlakuan kasarnya beragam. Seperti memukul anaknya dengan gagang sapu. Menusuk lidah dan menyulut kaki anaknya dengan rokok. ”Anak saya kalau main selalu pulangnya sore hari,” kata Tajab di Mapolres Malang kemarin (21/12).

Kanit Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA) Satreskrim Polres Malang Ipda Yulistiana Sri Iriana menjelaskan, perlakuan itu sudah dilakukan tersangka sejak dua tahun terakhir. Awalnya, sempat ada dugaan bila tersangka mengalami gangguan jiwa. Namun, hal tersebut dibantah oleh Yulistiana. ”Dari hasil penyidikan, tidak terlihat tanda sama sekali jika pelaku mengalami gangguan jiwa. Ini murni kekerasan terhadap anak,” kata dia.

Kasus itu pun terbongkar berkat laporan kerabat tersangka. Kini Tajab dihadapkan disangka melanggar Pasal 44 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Ancaman hukumannya maksimal 5 tahun dihadapinya.

Pewarta: Miftahul Huda
Copy Editor: Dwi Lindawati
Penyunting: Bayu Mulya