Banyakin Minum Air Zam-zam, Ampuh Halau Dehidrasi Saat Ibadah Haji

KOTA MALANG – Tanggal 12 Juli nanti Calon jamaah haji (Calhaj) kota Malang akan sampai di Madinah. Calhaj akan mulai mengikuti prosesi ibadah yang termasuk dalam rukun Islam ke-5 tersebut.

Namun, perlu diperhatikan, selama di Arab Saudi nanti calhaj akan bertempat di negara yang suhunya melebihi 55° C. Dengan suhu tersebut, tubuh akan cepat kehabisan cairan dan mengakibatkan dehidrasi.

Apalagi, selama calhaj di sana akan sering berkegiatan di luar ruangan dan langsung terpapar terik panas sinar matahari.

Untuk itu, meminum air putih menjadi hal yang harus diutamakan. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan kota Malang, Dr. Husnul Muarif menyarankan agar setiap jam-nya calhaj meminum satu botol air putih atau sekitar 300 ml.

“Kan aktifitas outdoornya sering. Ya untuk menghindari dehidrasi minum sebotol air setiap jam itu wajib agar tidak dehidrasi,” kata Husnul saat ditemui radarmalang.id, Rabu (3/1).

Ia juga menyampaikan, kalau di Madinah atau Mekah ketersediaan air putih juga sudah tersedia di mana-mana. Jadi semisal calhaj saat berada di jalan-jalan atau disekitaran telah tersedia keran air zam-zam yang siap minum.

“Semua ada air zam-zam sudah siap minum di keran atau masjid dan hotel kan telah menyediakan,” ujar Husnul.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: dok JPNN
Penyunting: Fia