Banyak Truk di Jalur Evakuasi, Kapolres: Saya Instruksikan Stop! Sinergi Jawa Pos

“Kalau yang sudah kadung (terlanjur) mengangkut, silahkan. Yang akan masuk ini kami larang. Masing-masing Polsek sudah standby agar truk tidak masuk ke lokasi galian,” jelasnya.

Tindakan tegas itu dilakukan agar masyarakat yang akan mengungsi tidak terhambat truk. Mengingat, pasca terjadinya erupsi Sabtu malam (25/11), banyak warga yang berada di zona perkiraan bahaya memilih mengungsi.

“Kalau jumlah pengungsi mungkin nanti pukul 18.00 wita baru kelihatan totalnya. Tapi hasil pantauan sudah banyak mengungsi. Mereka tidak panik. Tetap tenang,” jelas Wakil Komandan Satgas Bencana Erupsi Gunung Agung, saat ditemui Bali Express (Jawa Pos Group).

Seperti diketahui, PVMBG mengimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya yaitu di radius 6 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung dan ditambah perluasan sektoral sejauh 7,5 km. Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual.



(bx/wan/yes/JPR)