Banyak Bencana, Ridwan Kamil Ganti Pesta Kembang Api dengan Muhasabah

JawaPos.com – Jelang malam pergantian tahun, sebagian besar masyarakat tengah mempersiapkan agenda untuk perayaan atau pesta. Namun berbeda yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Kali ini mereka tidak akan menggelar acara pesta atau menyalakan kembang api pada malam tahun baru nanti. Perayaan akan diganti dengan bermuhasabah di masjid. Hal itu karena sepanjang 2018 ini, Indonesia tengah dilanda musibah dari gempa, longsor, banjir, hingga tsunami.

“Enggak (tidak ada pesta), tahun ini kita banyak musibah di Indonesia, jadi menurut saya kita muhasabah saja. Saya muhasabah di Pusdai Jawa Barat,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat (28/12).



Mantan Wali Kota Bandung yang akrab disapa Kang Emil, tidak melarang warganya yang ingin bergembira saat malam tahun baru. Namun diimbau untuk tidak berlebihan, dan sebaiknya menahan diri karena sekarang Indonesia sedang dalam suasana duka.

“Saya imbau kepada warga silakan bergembira tapi menahan diri karena suasananya lebih banyak suasana duka,” ujarnya.

Terlebih, Kang Emil berpesan untuk tidak melakukan aktivitas yang akan berdampak pada kemacetan dan kecelakaan, yakni konvoi di jalan. Lebih baik manfaatkan waktu bersama keluarga di tempat yang baik, salah satunya yang menggelar acara renungan.

“Kurangi momotoran, konvoi di jalan yang tidak perlu, lebih baik habiskan waktu dengan keluarga atau berkumpul di tempat tempat yang banyak melenyelenggarakan acara renungan,” ucapnya.

Tidak hanya Kang Emil, Wali Kota Bandung Oded M Danial pun menuturkan hal senada. Pemerintah Kota Bandung tidak memfasilitasi acara pesta kembang api pada malam tahun baru, namun lebih kepada muhasabah di Masjid.

Dalam hal ini, Mang Oded sapaannya akan hadir pada muhasabah dan tablig akbar di Masjid Al Ukhuwah Jalan Wastukencana Bandung. Bahkan diadakanya juga acara mabit hingga pagi hari.

“Saya di Masjid Al Ukhuwah, Insya Allah ada dzikir bersama, tablig, dan mabit. Jadi enggak ada pesta kembang api,” ujar Oded di Bandung.

(ona/JPC)