Bantu Mustahik Jadi Pengusaha Handal, Baznas Perluas Layanan BMD

JawaPos.com – RADARMALANG.ID – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus memperluas layanan Baznas Microfinance Desa (BMD). Terbaru mereka membuka layanan BMD di Lampaseh Kota, Kutajaya, Banda Aceh. Salah satu kegiatan BMD ini adalah memberikan pembiayaan kepada para mustahik, atau orang yang berhak menerima dana zakat.

Anggota Baznas Nana Mintarti, mengatakan dana yang disalurkan oleh BMD ditujukan kepada para pengusaha mikro. Dia mengatakan, BMD merupakan lembaga keuangan mikro nonprofit. Lembaga ini memberikan layanan keuangan mikro, khususnya pinjaman dan pembiayaan kepada para mustahik atau pelaku usaha mikro.

’’Melalui BMD, kami berupaya untuk menjadikan para mustahik sebagai pengusaha yang handal, mandiri, dan berdaya saing,’’ jelasnya di Jakarta Jumat (14/2). Dengan demikian para pengusaha mikro atau mustahik itu bisa terlepas dari jerat kemiskinan. Nana mengatakan, BMD di Lampeseh Kota, Kutajaya, Banda Aceh itu telah diresmikan pada Kamis (13/2).

Nana menjelaskan, program pemberdayaan di bidang ekonomi menjadi salah satu wujud komitmen Baznas. Khususnya dalam mengemban amanah mengelola dana zakat untuk menyejahterakan para mustahik. Ada sejumlah layanan di BMD nantinya. Selain pembiayaan juga ada pendampingan yang penuh kepada para mustahik. Targetnya adalah para mustahik yang memiliki komitmen untuk berwirausaha. Selain itu tim dari BMD juga akan memberikan pendampingan untuk urusan pemasaran.

Baznas sudah membentuk enam titik BMD di seluruh Indonesia. Diantaranya ada di Bojong Rangkas Kabupaten Bogor, Bukittinggi Sumatera Barat, dan di Jabon Kabupaten Bogor. Kemudian ada di Gunungsari NTB serta di Sigi Sulawesi Tengah. Lalu ada juga di Desa Sukaindah Bekasi. Program BMD ini juga membantu pemerintah daerah untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

Editor : Kuswandi

Reporter : Hilmi Setiawan