Bank Mandiri Siap Ekspansi Pasar Global, Bukan Hanya ASEAN

JawaPos.com – Bank Mandiri berencana untuk ekspansi ke luar negeri. Negara yang dituju, yakni Filipina, Malaysia, dan Vietnam. Namun, sebelum itu Bank Mandiri tidak ingin terburu-buru mengambil tindakan tersebut. Saat ini, dalam rencana bisnis bank masih ada kajian terkait ekspansi ke beberapa negara tersebut.

“Kita memang melihat potensi yang ada di regional tetapi juga nonregional kita kaji juga. Jadi kalau saat ini belum difinalisasi, kita melihat potensinya secara jangka panjang,” tutur Direktur Treasury, International Banking, dan Special Asset Management Bank Mandiri Darmawan Junaidi di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (24/1).

Pasalnya, dengan melakukan kajian, pihaknya dapat memutuskan apakah merambah pasar global merupakan pilihan yang tepat atau tidak. “Kita akan melihat bahwa apa yang akan kita putuskan akan menambah kapasitas dan juga mendukung kinerja Bank Mandiri secara jangka panjang,” kata dia.

Alasan Bank Mandiri hendak ekspansi adalah karena catatan kinerja perbankan Indonesia yang baik. Pihaknya menginginkan Bank Mandiri dapat menjadi salah satu pelopor BUMN yang memasuki sektor perbankan internasional. “Kita melihat kecenderungan untuk terus melakukan penetrasi di beberapa negara,” jelasnya.

Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar menegaskan, perseroan bukan hanya ekspansi di kawasan Asia Tenggara saja. “Kajian itu jalan, bisa jadi kita kerja sama (dengan pihak lain), bentuknya bisa macem-macem, ya. Tentunya, secara yang kita lihat juga, semakin mungkin tidak hanya ditingkat ASEAN tapi juga negara lain, kita sedang melihat potensi untuk kita akuisisi,” tutupnya.