Bank Mandiri akan Himpun Dana Rp 17 Triliun Lewat Surat Utang Negara

JawaPos.com – PT Bank Mandiri Tbk (Persero) akan menerbitkan surat utang negara atau global bond. Penerbitan itu direncanakan akan terealisasi pada semester kedua tahun ini.

Namun begitu, jika dapat dikerjakan lebih cepat, tidak menutup kemungkinan obligasi internasional itu akan terbit pada kuartal dua mendatang. “Hampir pasti semester dua, tapi kalau bisa kita kejar ke kuartal kedua, tapi nanti kita coba. Kan, kita sudah pernah,” terang Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (24/1).

Meskipun akan melakukan penerbitan surat utang, hingga saat ini pihaknya masih belum mencari sekuritas yang hendak menjadi perantara. Rencananya, Royke akan menggunakan anak usahanya.

“Belum (cari sekuritas), gampang lah orang Mandiri Sekuritas juga leader di global bond, dari lokal sekuritas paling gede Mandiri Sekuritas. Nggak terlalu sulit untuk lakukan (penerbitan) ini,” tambah dia.

Dana yang dihimpun akan dilakukan secara bertahap hingga mencapai di angka USD 1,25 miliar atau setara dengan Rp 17 triliun (kurs Rp 13.600). Akan tetapi, berapa jumlah tahapan masih enggan ia umumkan. “Kurang lebih USD 1,25 miliar ya. Tapi kan bisa bertahap,” tutupnya.