Bangun Rasa Percaya Diri Anak Disabilitas dengan Seni dan Kreativitas

JawaPos.com – Anak-anak dengan disabilitas umumnya lebih spesial karena mereka memiliki bakat yang istimewa baik dalam bidang seni atau olahraga. Penting bagi orang tua untuk memberikan perhatian dan hak anak-anak dengan disabilitas dari mulai hak pendidikan hingga asupan nutrisi.

Sayangnya, anak-anak dan remaja dengan kebutuhan khusus seringkali masih diabaikan atau dianggap nomor dua. Tak jarang mereka juga masih dikucilkan.

Padahal dilansir dari Action For Healthy Kids dan Raising Children, anak-anak dengan disabilitas biasanya punya sisi lain dan bakat yang terpendam. Biasanya dalam bidang seni seperti bermain musik, mewarnai, atau melukis. Hal itu bisa melatih saraf motorik dan kemampuan kognitif mereka agar lebih terstimulus.

Selain anak harus belajar bermain dan bersosialisasi dengan orang lain, ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua dalam pola asuh terhadap anak dengan disabilitas. Pilih mainan yang tepat dan dampingi anak bermain. Ada baiknya juga melakukan beberapa kegiatan agar anak lebih merasa percaya diri.



Untuk anak-anak yang lebih kecil, pilih kegiatan yang memberi mereka pilihan bermain sendiri atau bersama temannya. Bisa dengan menyiapkan bahan untuk melukis dan buku gambar, mainan balok kayu atau alat instrumen Legomusical untuk bermain mengembangkan sisi imajinatif.

Guna mendorong kegiatan yang baik untuk anak-anak difabel, Staedtler memberikan dukungan lebih bagi anak dengan disabilitas Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui kegiatan berbagi kebaikan #KaryaBaik Staedtler bersama Dompet Dhuafa. Selama Februari hingga April 2019, lebih dari 19.000 peserta di 23 kota sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

#KaryaBaik Staedtler bukan hanya merupakan lomba mewarnai biasa, namun lebih dari itu. Bagi setiap partisipan yang mengikuti kegiatan ini berarti dapat langsung memberikan donasi sebesar Rp 1.500 kepada anak disabilitas di Indonesia.

“Animo masyarakat Indonesia yang tinggi membuat kami semangat untuk terus berbagi kebaikan. Kami ingin mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk ikut serta menjadi bagian dari gerakan berbagi kebaikan dengan aktivitas digital #KaryaBaik Staedtler secara mudah melalui media sosial,” ujar Head of Marketing Staedtler Indonesia Pramesti Yulfia, dalam keterangan tertulis, Kamis (18/7).

Caranya dengan mem-follow Instagram @staedtlerid dan like posting #KaryaBaik Competition Staedtler. Upload hasil karya yang sudah jadi sesuai dengan tema bulanan yang telah ditentukan. Setiap karya yang diunggah di media sosial dengan menggunakan hashtag #KaryaBaik, sesuai dengan tema bulanan Staedtler, dan mention ke akun Staedtler nantinya langsung dihitung sebagai donasi serta berkesempatan untuk memenangkan hadiah.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani