Bangun Karakter Siswa, SMK Baitul Makmur Terapkan Strategi Humanis

KOTA MALANG – Menipisnya kesopanan dan adab dari masyarakat sosial menjadi sorotan sendiri bagi SMK Baitul Makmur. Melalui referensi Al-Akhlaq Lil Banat karangan Prof. Dr. Umar bin Ahmad Baraja kepala SMK Baitul Makmur Febby Cahya Triandra menambah kegiatan penguatan karakter disela Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

“Oleh sebab itu, di era digitalisasi yang cenderung bebas maka kami akan memberikan konseling secara khusus pada siswa kami,” papar Febby.

Ia mengungkapkan perlunya peningkatan dan penguatan karakter yang beradab pada peserta didik karena karakter yang beradab sama pentingnya dengan mengejar ilmu.

Pada tahun ajaran 2019, setiap guru akan membawahi lima hingga tujuh siswa sebagai orang tua selama di sekolah. Setiap guru nantinya juga akan memegang buku catatan yang berisikan tentang pelanggaran apa saja yang diperbuat oleh peserta didik dan penanganannya.

“Jadi setiap guru akan mendekati siswa dari sisi humanis. Hal ini diharapkan siswa juga bisa lebih dekat dan lebih nyaman ketika berkonsultasi,” imbuh Febby.

Ia menambahkan bila perlu guru juga akan melakukan home visit sehingga sinergi antara guru dan orang tua bisa terus terjalin untuk membentuk siswa yang beradab.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : SMK Baitul Makmur
Penyunting: Fia