Bangkitkan Seni, Support Sanggar Tari

TUREN – Tak kurang dari 150 pelajar PAUD, SMP, hingga SMA di Kecamatan Turen kemarin (6/1) unjuk gigi menampilkan sejumlah tarian tradisional. Mereka guyub berkumpul di Sanggar Seni Mudra Ganesha di Desa Pagedangan, Kecamatan Turen. Gebyar seni di sanggar yang telah berusia 39 tahun tersebut memang sengaja digelar untuk memfasilitasi bibit-bibit penari muda.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara yang turut menghadiri acara itu memberikan apresiasinya. ”Selain mengembangkan potensi pariwisata, yang harus kami perjuangkan sekarang adalah pelestarian budaya. Caranya ya melalui kegiatan seperti ini, kami mengajak agar para generasi muda cinta dengan warisan dari leluhur,” papar Made.

Untuk merealisasikan tujuan itu, dia berharap ada peran dari sanggar-sanggar tari di Kabupaten Malang. ”Di tahun ini kami juga telah menyusun kegiatan dan event yang sifatnya open stage,” beber pria asal Bali tersebut. Di tahun ini juga, Kabupaten Malang akan menjadi tuan rumah Forum Kesenian Kawasan Selatan (FKKS). Kegiatan itu bakal diikuti 8 kabupaten di Jawa Timur. Selain pentas seni, FKKS juga bakal menjadi ajang expo industri budaya. Pusatnya akan dilaksanakan di Stadion Kanjuruhan, September mendatang. 

Pewarta        : Farik Fajarwati
Copy Editor   : Dwi Lindawati
Penyunting    : Bayu Mulya
Foto              : Disparbud