Bangga! Kepanjen Raih Adipura Kategori Kota Kecil Terbaik

KEPANJEN – Kabupaten Malang mengawali penghargaan tahun 2019 dengan meraih piala Adipura 2018 sebagai Kota Kecil Terbaik Bidang Kebersihan dan Ketertiban. Kategori Kota Kecil yang berhasil diraih Kecamatan Kepanjen ini adalah penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia diserahkan siang tadi (14/1) di Jakarta.

“Penyerahan Piala Adipura diserahkan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri KLHK, Siti Nurbaya Bakar kepada Wakil Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi MM di Auditorium Dr. Soedjarwo, Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (14/1/) siang tadi,” terang Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemerintah Kabupaten Malang, Tien Farihah.

Adipura ini sejatinya adalah salah satu instrumen pemerintah dalam mendorong implementasi kebijakan lingkungan dengan sejumlah pendekatan. “Prinsip utama penerapan Adipura yaitu sejauh mana peran aktif masyarakat dalam peningkatan pemahaman dan kesadaran sebagai kunci perubahan perilaku, terpasangnya sistem pengelolaan sampah dengan basis sistem teruji dan data yang akurat terverifikasi, serta pemenuhan ruang terbuka hijau sesuai dipersyaratkan peraturan dan undang-undang,” urai Tien.

Salah satu kunci sukses Pemerintah Kabupaten Malang menurut Tien yang disampaikan Wakil Bupati adalah mendirikan bank sampah yang kini hampir seluruhnya sudah memiliki bank sampah aktif. ‘Hal itu dilaksanakan melalui Dinas Lingkungan Hidup dalam upaya mempertahankan prestasi Adipura ini, masyarakat juga melakukan pengelolaan sampah secara mandiri,” tambah dia.

Selain itu, pengolahan sampah 3R atau Reduce, Reuse, Recycle serta pengadaan Tempat Penampungan Akhir (TPA) berbasis Edukasi dan Wisata jadi poin tersendiri.

“Selain itu ada 60 titik pantau kota bersih, hijau dan teduh, berada di sekolah, pasar, perkantoran, ruang publik dan TPA. Bahkan, Kabupaten Malang memastikan diri sebagai daerah percontohan dalam pengelolaan sampah terbaik skala nasional,” terang Tien melansir Sanusi.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Humas Pemkab Malang
Penyunting : Fia