Balekambang Bersolek Sambut 30 Ribu Wisatawan

BANTUR – Pada momen mudik Lebaran Idul Fitri awal Juni mendatang, sebanyak 75 ribu kendaraan diperkirakan akan datang ke wilayah Malang Raya. Bukan hanya untuk merayakan Lebaran, besar kemungkinan para pemudik tersebut juga akan menjajaki destinasi wisata di Kabupaten Malang. Tak terkecuali Pantai Balekambang.

Kepala UPT Pantai Balekambang Yasdi menyatakan, pengalaman dari tahun sebelumnya, jumlah wisatawan yang datang pada momen libur Lebaran bisa melonjak tiga kali lipat. ”Bisa sampai 30 ribu pengunjung sampai minggu pertama setelah Lebaran,” kata Yasdi.

Lonjakan kunjungan wisatawan, masih kata Yasdi, biasanya terjadi pada H+3 sampai H+7 Lebaran. Guna menyambut kedatangan pengunjung, beberapa persiapan pun mulai digeber pihak pengelola. ”Beberapa spot foto yang rusak kami perbaiki, di samping itu juga kami tambah beberapa tempat istirahat untuk pengunjung,” jelasnya.

Selain spot selfie, di hari ketujuh pasca-Lebaran, pihak pengelola rencananya juga akan menghadirkan pertunjukan seni sebagai hiburan. ”Kami akan tampilkan kesenian tari Bali seperti pada perayaan Nyepi Maret lalu, ada juga pertunjukan akustik,” tukas Yasdi.

Guna memastikan kesiapan itu, Senin (20/5) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara melakukan pengecekan di destinasi wisata pantai yang ada di Malang Selatan. ”Kami cek kesiapan pengelola agar saat libur Lebaran nanti pengunjung bisa berekreasi dengan aman dan nyaman,” kata Made di sela-sela kunjungannya.



Kesiapan pengelola dalam menyambut wisatawan menjadi faktor utama yang menjadi tolok ukur pariwisata kabupaten dalam jangka panjang. ”Kalau pengelolanya siap, pengunjung pasti akan merasa nyaman dan kembali lagi untuk berlibur di sini. Setelah pulang, mereka juga akan membawa cerita pada orang-orang di sekitarnya sehingga membuat orang penasaran dan datang,” beber Made.

Total ada tiga destinasi pantai yang dikunjungi Made, yaitu Pantai Balekambang, Pantai Nganteb, dan Pantai Parangdowo. ”Destinasinya sudah siap, tinggal bagaimana pengelolanya konsisten menetapkan sapta pesonanya saja,” sambung pria asal Bali tersebut.

Hal ini sekaligus menguatkan 10 destinasi wisata mudik terbaik yang ditetapkan Kementerian Pariwisata. Selain Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Coban Rondo serta Desa Wisata Pujon Kidul, tiga pantai di wilayah kabupaten juga mendominasi. Ketiga pantai tersebut yaitu Pantai Balekambang, Pantai Goa Cina, dan Pantai Batu Bengkung.

Pewarta : Farik Fajarwati
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Abdul Muntholib
Fotografer : Farik Fajarwati