Bagikan Ratusan Juta Hasil Sharing Produksi Sinergi Jawa Pos

NGANJUK – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Nganjuk terus menggandeng lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) untuk menjaga kelestarian hutan. Tak sekadar memberi akses LMDH untuk ikut memanfaatkan hutan, perhutani juga akan membagikan hasil sharing produksi tahun 2015 senilai Rp 377, 809 juta kepada LMDH.

Total ada 18 LMDH di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) wilayah KPH Nganjuk yang akan menerima dana tersebut. Untuk memberi pemahaman tentang pembagian sharing produksi, Perhutani KPH Nganjuk menggelar sosialisasi di lima BKPH.

Administratur Perhutani KPH Nganjuk Joko Siswantoro mengatakan, sosialisasi untuk anggota LMDH sangat penting. Sebab, untuk mendapatkan sharing hasil produksi harus melewati beberapa tahap. “ada mekanisme yang harus dijelaskan kepada LMDH sesuai dengan aturan Direksi Perhutani No. 436/DIR/2011 tentang Pedoman Berbagi Hutan Kayu,” kata Joko.



Lebih lanjut Joko mengatakan, hasil sharing produksi digunakan untuk kegiatan organisasi LMDH. Di antaranya, untuk usaha produktif  dan kegiatan perlindungan hutan lainnya.

Untuk diketahui, sosialisasi tidak hanya dilakukan oleh perhutani. Melainkan juga melibatkan stake holder lainnya. Mulai dinas pertanian dan Kodim 0810 Nganjuk.

Kegiatan yang digelar mulai 4 Desember lalu itu sekaligus memberi pemahaman tentang penanaman kedelai untuk setiap LMDH di kawasan Perhutani KPH Nganjuk. Dalam kesempatan tersebut, perhutani menegaskan mereka tidak memaksa LMDH untuk menanam kedelai. “Perlu digaris bawahi penanaman kedelai ini  semua diserahkan penuh kepada masing-masing LMDH,” lanjut Joko.

Dikatakan Joko, penanaman kedelai merupakan salah satu program pemerintah. Sebab, Indonesia ditargetkan untuk swasembada kedelai mulai tahun depan.

Di luar target tersebut, Joko mengatakan, perhutani berharap LMDH bisa semakin sejahtera dengan menjalankan kemitraan bersama perhutani. “ Kami akan terus support LMDH agar menjadi lebih  baik dan masyarakat sekitar hutan lebih sejahtera.” pungkas Joko.

(rk/baz/die/JPR)