Bagi PPP Ini yang Diperlukan Jokowi Sebelum Cari Cawapres

Bagi PPP Ini yang Diperlukan Jokowi Sebelum Cari Cawapres

RADAR MALANG ONLINE – Teka teki sosok pendamping Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019, hingga kini masih belum terungkap. Belum ada tanda-tanda sosok yang akan dipilih berasal dari partai politik, militer atau akademisi.

Melihat hal tersebut, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengatakan, yang terpenting saat ini ialah mematenkan koalisi pendukung Jokowi di Pilpres 2019. Dia pun enggan berkomentar lebih jauh mengenai kandidat potensial cawapres sang petahana.

“Yang dalam waktu dekat ini tepat untuk difinalkan menurut PPP adalah bukan soal siapa cawapres Pak Jokowi. Tapi komposisi final partai pengusung Pak Jokowi,” ujar Arsul saat dihubungi, Selasa (19/6).

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani. (dok. RADAR MALANG ONLINE)

Menurut Arsul, dipatenkannya partai-partai pengusung Jokowi supaya terlihat jelas peta koalisi di Pilpres 2019. Sehingga diketahui mana pihak yang mendukung Jokowi dan mana yang tidak.

“Saat ini kan sudah jelas ada dua partai yang tidak usung Pak Jokowi, yakni Gerindra dan PKS,” katanya.

Adapun mengenai sosok yang menjadi pendamping Jokowi, PPP menyerahkan sepenuhnya kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu. PPP tidak punya harga mati bahwa Jokowi harus mengambil tokoh tertentu untuk mendampinginya di Pilpres 2019 nanti.

“Yang terpenting tidak boleh satupun partai politik yang mengsyaratkan dukungan cawapres harus dari partai mereka,” pungkasnya.

Informasi saja, saat ini partai yang mendukung Jokowi antara lain PDIP, Partai Nasdem, PPP, Hanura dan Golkar. Ditambah tiga partai yang belum punya kursi di parlemen yakni PSI, PKPI dan Perindo.

(gwn/JPC)