Ayo, Ganyang Madura United!

PAMEKASAN – Pintu bagi Arema FC menuju jalur papan atas Liga 1 begitu terbuka. Syaratnya memang agak berat: wajib menang atas Madura United di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, malam hari ini (20/7). Ini bukan perkara mudah.

Maklum, tim Madura United dihuni bertabur pemain bintang. Sebut saja Aleksandar Rakic, Beto Goncalves, Greg Nwokolo, dan Andik Vermansyah. Namun, jika Singo Edan, julukan Arema FC, bisa  mengganyang tuan rumah, langsung bertengger di empat besar klasemen sementara Liga 1.

Arema saat ini berada di peringkat 9 dengan 12 poin. Jika di pertandingan pekan ke-8 malam hari ini menang, posisi Arema akan menyodok ke peringkat 4 klasemen sementara.

Melewati Persebaya Surabaya yang ada di peringkat 8 dengan 12 poin, Borneo FC di peringatan 7 dengan 13 poin, PSM Makassar di peringkat 6 dengan 13 poin, PSIS Semarang di peringkat 5 dengan 14 poin, serta Madura United di peringkat 4 dengan 14 poin.

Namun, memang tidak mudah mengalahkan tuan rumah. Selama ini tim berjuluk Laskar Sape Kerap itu punya catatan sempurna bermain di kandang. Mengalahkan Borneo FC dengan skor 3-0, dan menaklukkan PSM Makassar dengan skor 2-0.



Semangat Madura United saat ini sangat tinggi. Sebab, mereka baru saja menuai kekalahan 0-1 dari Persipura Jayapura.

Pelatih Arema FC Milomir Seslija tidak panik. ”Target kami datang ke sini untuk memenangkan pertandingan, simpel,” koar pelatih yang akrab disapa Milo itu.

Madura United bukan tim yang asing bagi dia. Sebab, pelatih berkebangsaan Bosnia-Herzegovina itu pernah menjadi nakhoda Madura United pada 2018 lalu.

”Kami tahu Madura tim berkualitas, mereka akan bermain menyerang seperti kami, ini pasti akan menjadi pertandingan yang bagus,” ungkap pelatih dengan lisensi UEFA Pro itu.

Meski laga tandang, Milo menggaransi Hamka Hamzah dan kawan-kawan akan bermain terbuka. Seperti di tiga laga sebelumnya.

”Kami coba untuk buat serangan yang benar seperti sebelumnya kami cetak delapan gol dalam tiga laga dan besok (hari ini) kami berharap lebih baik dan juga beruntung,” kata pelatih berusia 54 tahun itu.

Dengan materi Madura United yang kerap dijuluki Los Galacticos-nya Indonesia, Milo juga tidak keder. ”Mereka kuat dan kerja keras, banyak tim berkualitas di Liga Indonesia semua bisa naik dan turun, juara juga tidak tergantung pemain bagus atau pemain di bench,” tegas Milo.

Bagi dia, yang penting bermain bagus dan coba beri yang terbaik, dengan konsentrasi saat bertahan dan menyerang dengan penuh percaya diri.

Milo sendiri punya catatan tidak pernah kalah selama melatih Arema saat tandang melawan Madura United. Seperti saat di Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 lalu. Saat itu Arema menahan imbang 0-0 Madura United.

Pertandingan kali ini juga spesial bagi dia, sebab besok 21 Juli adalah ulang tahunnya. ”Ternyata saat main lawan Madura, itu ulang tahun saya. Akan jadi hadiah yang sangat bagus jika bisa tiga poin di sana.

Bila kami kalahkan Madura ada di papan atas, karena semua tim masih punya peluang (menjadi juara),” pungkas Milo.

Pelatih Madura United Dejan Antonic menyatakan, semua pemain harus fokus untuk pertandingan ini. ”Kami kalah di Papua (lawan Persipura), saat ini tidak ada banyak waktu untuk nangis atau sedih sekali. Kami fokus ke depan dan lihat ke depan,” kata dia.

Bagi Dejan, sepak bola di Liga Indonesia tidak bisa diprediksi. ”Semua tim bisa menang dan semua tim bisa kalah,” ungkap pelatih kelahiran Serbia itu.

Madura United, dia melanjutkan, harus bangkit. ”Kami harus tetap seperti biasa saat main di rumah. Kami lawan satu tim yang cukup bagus, ada kualitas. Anak-anak pasti akan kerja bagus dan kita bisa dapat tiga poin,” pungkas Dejan.

Greg Nwokolo menambahkan, pertandingan ini tidak akan mudah. Apalagi Milo pernah melatih Madura United. ”Milo pelatih pintar, tahu membaca strategi lawan. Tentu tahu bagaimana pemain di sini karena musim lalu di sini,” ungkap dia.

Namun, pemain ingin menang di laga ini. Greg sendiri ingin menjadikan kemenangan kali ini sebagai kado atas kelahiran putrinya yang baru lahir minggu lalu. ”Setiap pertandingan yang saya harap menang.

Kalau dapat gol itu bonus besok (malam nanti), kalau menang jadi kado istimewa untuk putri saya yang baru lahir,” pungkas Greg.

Pewarta : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Abdul Muntholib