Awas Tersesat di Taman Labirin Coban Rondo

Taman Labirin di kawasan wisata Coban Rondo, Pujon, ini jadi salah satu tujuan favorit wisatawan.

KABUPATEN – Pesona Kabupaten Malang sepertinya memang tak ada ujungnya. Hampir semua jenis wisata tersaji di wilayah yang dipimpin Bupati Rendra Kresna ini. Wisata alam berupa gunung, pantai, dan air terjun tersedia. Wisata buatan pun melimpah. Salah satunya, Wanawisata Taman Labirin yang terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Tepatnya di kawasan wisata air terjun Coban Rondo.

Jika sebelumnya tiap wahana di kawasan itu memiliki retribusi masing-masing, per 1 Desember lalu pihak pengelola menerapkan sistem paket bagi para pengunjung yang datang.

”Mulai tanggal 1 Desember kami buka harga paket Rp 35 ribu, itu sudah bisa bermain ke semua permainan yang ada di sini,” ujar Yulia, humas Wisata Taman Labirin Coban Rondo.

Sistem paket ini berlaku selama bulan Desember. Jika hasilnya memuaskan, rencananya sistem paket ini akan diterapkan lagi usai tahun baru 2018 mendatang.

Dia mengutarakan, permainan yang bisa dinikmati pengunjung, selain labirin, ada flying fox, sepeda gunung, panahan, shooting target, dan tempat memberi makan ikan. Sebelum harga paket diterapkan, masing-masing wahana dibanderol dengan tiket Rp 10 ribu untuk labirin, Rp 5 ribu untuk sepeda gunung, Rp 5 ribu untuk panahan, Rp 10 ribu untuk shooting target, Rp 5 ribu untuk pakan ikan, dan Rp 30 ribu untuk flying fox.



Selama momen libur akhir tahun ini jumlah wisatawan yang datang ke kompleks wisata labirin juga mengalami peningkatan. ”Kurang lebih antara 10 persen sampai 15 persen,” ujar Yulia.

Saat liburan, pengunjung yang paling dominan adalah rombongan keluarga. ”Kalau tidak momen libur panjang, biasanya yang datang rombongan grup perusahaan atau mahasiswa. Seringnya mereka gelar gathering di sini,” imbuh dia.

Agus Ramdani, salah satu wisatawan yang berkunjung ke Taman Labirin Coban Rondo kemarin (30/12), mengaku sengaja singgah ke tempat tersebut untuk beristirahat. Bersama istri dan dua anaknya, Agus memang berencana pergi ke Malang untuk menikmati liburan akhir tahun.

”Karena saya lewat Jombang, jadi kalau ke Malang lewat sini (Pujon). Sekalian saja mampir,” terangnya.

Menurutnya, wahana yang paling menyenangkan untuk bermain adalah labirin. ”Senang sekali bisa main petak umpet sama anak-anak di sini. Untuk foto juga bagus,” terangnya. Jika datang lagi ke Malang, pria 42 tahun itu mengaku ingin datang lagi ke Taman Labirin Coban Rondo.

Pewarta: Farik Fajarwati
Penyunting: Kholid Amrullah
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Darmono