Awas Jangan Tertipu! Tidak Ada UTBK Perbaikan di UB

KOTA MALANG – Beberapa hari terakhir calon mahasiswa baru yang mendaftarkan diri ke Universitas Brawijaya dibingungkan dengan isu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) perbaikan. Dalam UTBK perbaikan itu diterangkan bahwa pelaksanaannya dilakukan untuk calon mahasiswa baru yang berhalangan menghadiri UTBK karena keadaan mendesak ataupun menjalank UTBK saat keadaan sakit.

Jenny Aulia salah satu calon mahasiswa baru asal Makassar mengungkapkan bahwa dirinya memang sempat mendapatkan kabar bahwa ada kabar UTBK perbaikan. “Tapi masih belum jelas karena memang dari mulut ke mulut,” ungkapnya Jenny.

Jenny menambahkan, dirinya yang juga merupakan salah satu peserta SBMPTN ditawarkan UTBK perbaikan jika merasa kurang yakin dengan nilai UTBK miliknya. Namun ia mengaku tidak menggubris tawaran tersebut karena tidak ada keterangan resmi pada UTBK perbaikan tersebut.

“Tidak ada UTBK perbaikan atau apapun itu. UTBK selesai dilaksanakan dan calon mahasiswa baru tinggal menunggu pengumuman pada 9 Juli nanti,” tegas Wakil Rektor 1 Universitas Brawijaya Malang Prof. Dr. Aulanni’am, DVM., DES. Ia juga menerangkan UTBK bukan diselenggarakan oleh kampus melainkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sehingga UTBK perbaikan jelas tidak ada.

Hal senada diungkapkan oleh Humas Universitas Brawijaya Kotok Guritno ketika dikonfirmasi oleh radarmalang.id. “Tidak ada kebijakan UTBK perbaikan. Jadi diharapkan pada calon mahasiswa baru untuk tidak tertipu apalagi sampai ada pembiayaan lagi,” pungkas Kotok.



Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia