Awas! Deretan Penyakit Ini Siap Mengancam Di Musim Penghujan

Bisa Sebabkan Kematian, Lakukan Pencegahan Influenza | JawaPos.com

KOTA MALANG – Musim penghujan segera datang, sejumlah penyakit pun mulai mengintai warga karena imunitas menurun. Apalagi menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso, yang menerangkan mulai bulan November, Malang Raya akan diguyur hujan dengan curah hujan itensitas tinggi. Maka dari itu, Jika ingin tetap fit dan terhindar dari penyakit yang mengancam selama musim penghujan, ikuti saran dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang ini.

Tingkat imunitas atau daya tahan tubuh tiap orang berbeda, jadi Dinkes perlu mengingatkan bahwa masukan dan pengeluaran tiap orang akan berbeda dalam menghadapi musim penghujan. “Jadi misalnya yang sudah sepuh, ya otomatis kondisi tubuh ikut menurun jadi lebih baik saat musim hujan, apabila ketemu hujan di tengah jalan ya berteduh dulu,” contoh Kepala Dinkes Kota Malang, Dr dr Tri Asih Rachmi Nuswantari MM ditemui radarmalang.id di Dinas Kesehatan Kota Malang.

Asih juga memperingatkan untuk memperhatikan genangan genangan air karena pada saat pancaroba yang hujannya tidak terus menerus, air genangan akan menetap lama di tempat tersebut bisa menjadi sumber penyakit.

“Ini tentu akan jadi tempat favorit berkembang biaknya nyamuk, yang berbahaya demam berbahaya,” ujarnya.

Tingkat kelembaban yang tinggi dan hangat pada masa pancaroba akan menjadikan tempat berkembang biaknya lalat. “Sehingga dikhawatirkan kalau saat pancaroba ini, selain batuk pilek, itu juga bisa terjadi diare atau tipes,” papar wanita berjilbab ini.

Lalat memang paling menyukai tempat yang hangat dan lembab, dimana biasanya hal tersebut terjadi pada masa pancaroba seperti sekarang ini. Tips yang paling simple, menurut Asih kembali lagi kepada poin Gerakan Masyarakat hidup Sehat (Germas) yaitu mengkonsumsi buah dan sayur.

“Tapi kali ini makan buah yang banyak mengandung vitamin C, vitamin C kan sangat berguna untuk daya tahan tubuh,” urainya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting : Shuvia Rahma