Awas! Bug iOS 13 Bisa Bikin Hacker Intip Kontak di HP

MALANG – Meskipun iOS 13 belum dirilis hingga 19 September mendatang, baru-baru ini telah ditemukan adanya bug yang memungkinkan hacker dapat melihat kontak, bahkan dalam kondisi iPhone terkunci.

Dilansir melalui Phone Arena, Sabtu (14/9), Jose Rodriguez, seorang peneliti keamanan adalah sang penemu celah pada sistem operasi Apple tersebut.

Melalui video YouTube-nya, Rodriguez menunjukkan dengan melakukan panggilan FaceTime dan kemudan mengaktifkan fitur Siri VoiceOver pengguna iPhone dapat memperoleh akses ke daftar kontak pada pemilik ponsel itu.

Lantas, hal ini memungkinkan peretas untuk mengetahui seluruh daftar nomor telepon, alamat email, alamat jalan, dan lainnya tanpa harus membuat kunci perangkat iPhone.

Meski demikian, foto-foto pemilik ponsel tersebut masih dapat terlindungi. VoiceOver memungkinkan Siri membaca teks yang muncul pada layar iPhone dan dianggap sebagai fitur aksesibilitas bagi mereka yang buta atau menderita gangguan penglihatan.

“Saya sudah mengirimkan video mengenai kerentanan iOS 13 itu pada Apple bulan Juli lalu,” ungkap Rodriguez.

Tahun lalu, Rodriguez menemukan eksploitasi yang serupa di iOS 12.1 dimana peretas dapat mengakses kontak pengguna telepon serta foto dari pengguna ponsel. Apple kemudian mengatasi masalah ini di pembaruan berikutnya. VoiceOver berperan dalam eksploitasi serupa yang memungkinkan peretas untuk melihat kontak pengguna iPhone dengan iOS 8 diinstal.

Menurut Rodriguez, kerentanan pada iOS 13 ini mengharuskan si peretas memegang iPhone pengguna dalam waktu yang cukup lama untuk dapat menyelesaikan seluruh proses hacking. Selain itu, juga diperlukan ponsel kedua untuk dapat melakukan panggilan FaceTime dengan iPhone pengguna.

Diperkirakan, Apple sudah bisa menambal bug pada iOS 13 sebelum resmi merilisnya pada 30 September mendatang.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia