Awas, Barito Perkasa di Kandang

MALANG KOTA – Ada yang perlu diwaspadai para pemain Arema FC saat melakoni lawatan ke Banjarmasin untuk melawan Barito Putera di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, lusa (23/8). Apa itu? Yakni, hasil positif Barito Putera selama melakoni laga kandang di Liga 1.

Tim ini menang tujuh kali, seri sekali, dan kalah sekali. Satu hasil minor didapat saat menjamu PS TNI pada 9 Mei 2017. Setelah itu, kemenangan demi kemenangan berhasil diraih sebelum akhirnya meraih hasil seri saat menjamu Madura United dengan skor 2-2 pada 22 Juli 2017.

Meski catatan bagus itu berhasil ditorehkan oleh tim berjuluk Laskar Antasari tersebut, tapi bagi pelatih Arema FC Joko ”Gethuk” Susilo, Barito Putera tetap bisa dikalahkan di kandang. ”Bukan tidak mungkin, semuanya bisa terjadi,” kata Gethuk kemarin (20/8).

Menurut dia, yang lebih penting dibandingkan melihat rekor lawan adalah mempersiapkan timnya sebaik mungkin. Menurut dia, proses yang baik akan menciptakan hasil yang baik. Hal ini dibuktikan saat tim menang atas Persiba Balikpapan dengan skor 3-0 pada Jumat lalu (19/8). ”Kami lihat dari pertandingan lalu, selama pemain menjalankan fungsinya dengan baik, pasti juga bisa meraih hasil maksimal,” imbuh pelatih berlisensi AFC A ini.

Beragam pembenahan saat ini dilakukan oleh Gethuk. Mulai dari pemain depan hingga pemain belakang. Untuk posisi bertahan, yang akan dilakukan Gethuk adalah melakukan rotasi setelah absennya duo pemain belakang, yakni Benny Wahyudi dan Syaiful Indra Cahya.



Sedangkan di posisi depan, permainan Arema FC mulai meningkat setelah maksimalnya penampilan Juan Pablo Pino. ”Meskipun menurut saya semua pemain bagus, sedangkan untuk pemain lain juga harus siap karena ada dua pemain yang absen,” imbuhnya.

Kendati persiapan tim didesain semaksimal mungkin, tapi menurut Gethuk, timnya tidak boleh meremehkan anak asuh Jacksen F.  Tiago itu. Apalagi, selama ini Jacksen cukup berhasil dalam menjadi pelatih.

Jacksen merupakan pelatih yang membawa Persipura Jayapura meraih gelar tiga kali juara di Liga Indonesia. ”Semua bagus, mereka juga memiliki pemain yang bagus seperti Rizky Pora, tapi kami tidak pikirkan itu. Saat ini fokus kami yaitu bagaimana bisa meningkatkan kualitas pemain,” tandasnya.

Sementara itu, rencananya penggawa Arema FC akan berangkat ke Banjarmasin hari ini (21/8) pukul 06.30. Mereka akan bertolak ke Banjarmasin melalui Bandara Juanda Surabaya. Biasanya, setelah tiba di Banjarmasin, pemain langsung melakukan rekondisi dengan menggelar latihan ringan.

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Doli Siregar