Awal Tahun, Dua Ibu Meninggal saat Melahirkan

KOTA BATU – Kewaspadaan terhadap keselamatan ibu saat melahirkan harus ditingkatkan lagi. Sebab, pada pada triwulan pertama di tahun anggaran 2017 ini, ada dua ibu yang meninggal dunia saat melahirkan. Padahal, pada 2016 lalu, hanya ada satu kejadian kematian ibu saat melahirkan.

”Perlu ada peningkatan karena di awal tahun sudah ada dua kasus ibu melahirkan yang meninggal dunia,” kata Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Batu Rini Dwi Retnowati, kemarin (20/4).

Rini menjelaskan, penyebab kematian ibu saat melahirkan ini dapat dipicu oleh beragam sebab. Di antaranya, karena terjadi pendarahan saat proses kelahiran maupun gangguan jantung. Untuk menekan angka kematian ibu (AKI) saat melahirkan, sambung Rini, para ibu hamil diminta untuk rutin memeriksakan kandungannya.

Selain itu, juga selalu mengonsumsi makanan bergizi dan menjalankan pola hidup sehat. ”Petugas medis tidak bisa berjuang sendiri, tapi harus dimulai dari kesadaran ibu hamil untuk menjaga kesehatannya sendiri, serta janin yang ada di dalam kandungannya,” ujar Rini yang juga bidan Rumah Sakit Bhayangkara Hasta Brata Batu ini.

Untuk mengetahui seberapa sehat janin yang ada di dalam kandungan, ibu hamil harus rutin periksa. Seperti dengan memanfaatkan pelaksanaan pemeriksaan kandungan yang digelar oleh IBI Kota Batu di Lippo Plaza Batu, Selasa (18/4) lalu. Pemeriksaan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-66 IBI pada 24 Juni mendatang itu, juga memberikan pembinaan kepada ibu hamil. Dengan begitu, AKI hamil dapat ditekan lagi.



Pewarta: Farik Fajarwati
Penyunting: Ahmad Yahya
Foto: Darmono