AUSI Jaring Lulusan Pondok Pesantren Jadi Wirausaha

MALANG KOTA – Upaya menyokong generasi muda untuk merintis bisnis dilakukan oleh Asosiasi UMKM Samudra Indonesia (AUSI) Malang. Tak hanya menyasar lulusan SMK/SMA, lulusan pondok pesantren pun ikut didorong untuk menciptakan usaha baru sesuai dengan passion yang dimiliki. Selain dilatih membuat business plan, mereka juga akan dibantu dalam hal permodalan.

Ketua AUSI Malang Lila Aldina menyatakan, salah satu poin penting kerja sama dengan Universitas Prasetya Mulya adalah melakukan pelatihan khusus bagi remaja untuk merintis bisnis. ”Saat ini kami sedang menjaring generasi muda, baik lulusan SMA/SMK maupun pondok pesantren, untuk diikutsertakan dalam pelatihan di Kampus Prasetya Mulya,” terangnya.

Pelatihan akan berlangsung selama 26 hari dan akan digelar mulai 6 Februari mendatang. Dalam pelatihan tersebut, peserta akan digembleng menjadi wirausaha muda yang siap menciptakan produk sekaligus membuka lapangan kerja baru. ”Setelah mengikuti pelatihan, peserta akan difasilitasi permodalan untuk mewujudkan usaha atau produk yang akan dibuat,” tambahnya.

Lila melanjutkan, pihaknya berharap para peserta bisa langsung action merintis bisnis yang telah dimatangkan konsepnya selama mengikuti pelatihan. ”Dengan modal ilmu sekaligus permodalan yang akan mereka dapatkan, diharapkan itu bisa menginspirasi pelaku usaha yang lain,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Prasetya Mulya Prof Agus W. Soehadi menyatakan, pihaknya siap menggembleng para calon enterprenuer baru dari Malang. ” Upaya pembinaan ini penting untuk dilakukan, agar pelaku UMKM di Malang bisa tumbuh pesat, cermat dalam memilih bisnis, sekaligus andal dalam hal pemasaran,” terangnya.



Pewarta : nr5
Penyunting : Ahmad Yani
Copy Editor : Arief Rohman