Aturan BPJS Kesehatan Tak Jelas, MCW Datangi Dinkes

MALANG KOTA – Malang Corruption Watch (MCW) mengadakan diskusi dengan Dinas Kesehatan Kota Malang pada Senin (10/7) siang.

Pertemuan yang dilakukan di Kantor Dinas Kesehatan ini membahas beberapa keluhan serta laporan masyarakat kepada MCW mengenai pelayanan kesehatan yang dinilai kurang memuaskan.

Salah satu poin yang dibahas adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dalam hal ini, didapatkan banyak masyarakat yang kurang paham mengenai aturan BPJS Kesehatan.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Asih Tri Rachmi Nuswantari mengungkapkan bahwa aturan BPJS Kesehatan sering berubah, sehingga membutuhkan sosialisasi kepada masyarakat mengenai BPJS Kesehatan.

“Harus mereka (pihak BPJS) yang mensosialiasikan, karena warga punya presepsi bahwa kalo sudah punya BPJS mereka sudah aman, namun faktanya berbeda,” papar Asih.

Salah satu contoh kasus BPJS Kesehatan yang ditemukan oleh MCW yaitu salah satu warga yang ikut BPJS Kesehatan mengeluhkan tidak adanya kamar yang tersedia di salah satu Rumah Sakit (RS) di Malang, namun pada nyatanya ada.

Asih mengungkapkan bahwa Dinas Kesehatan sedang mengupayakan program baru, dimana melalui teknologi setiap Rumah Sakit di Malang akan mengirimkan data ketersediaan kamar di RS masing-masing. Sehingga memudahkan masyarakat untuk mengetahui ketersediaan kamar.

Pewarta: Aldo Buntulobo
Penyunting: Lizya Oktavia
Foto: Aldo Buntulobo