Atlet Paralayang Kota Batu Berjaya di India

AMONG TANI – Atlet paralayang Kota Batu kembali unggul di negeri orang. Mereka meraih juara umum dalam 1st Bodoland International Paragliding Accuracy Championship 2019 di India.

Empat atlet paralayang Kota Batu yang menyumbangkan medali adalah Jafro Megawanto, Rika Wijayanti, Ardiansyah Mega Putra, dan Gita Rezky.

Kejuaraan paralayang internasional ini diselenggarakan oleh Aero Club of India, Delhi (ACI), dan Fédération Aéronautique Internationale (FAI) di Venue Kokrajhar, Bodoland Territorial Council, Assam, India 10 hingga 14 November 2019.

Para atlet paralayang Kota Batu yang menggunakan nama tim Trunojoyo Jawa Timur bertengger menyingkirkan 68 peserta dari sembilan negara, di antaranya China, Korea, Spanyol, Nepal, Jepang, Taiwan, Indonesia, dan India selama empat hari.

Ketua KONI Kota Batu Drs Mahfud menyatakan, Tim Indonesia meraih juara kategori laki-laki dan perempuan dan juara umum. Kategori laki-laki direbut oleh Jafro Megawanto disusul Yong Wu dan Ardiansyah Mega Putra di peringkat kedua dan ketiga.

Pada kategori perempuan, Rika Wijayanti memimpin disusul Gita Rezky Yauniti di peringkat kedua dan di peringkat ketiga diraih Jinhee dari Korea. Dari kemenangan ini, membuat Indonesia menjadi juara umum disusul China dan Korea di peringkat kedua dan ketiga.

”Untuk kesekian kalinya, atlet Kota Batu kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” ujarnya. Sementara itu, 1st Bodoland International Paragliding Accuracy Championship 2019 di India merupakan kejuaraan terbuka.

Mengikuti kejuaraan ini, menurut Mahfud, merupakan program trial Jatim. Karena itu tim menggunakan nama Trunojoyo Jawa Timur. ”Kondisi geografis di India hampir sama seperti di Gunung Banyak, mereka (atlet, Red) sangat lihai dan tidak kaget. Jadi berhasil juara di ajang ini,” pungkasnya.

Pewarta : Miftahul Huda
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro