Atlet Paralayang Asing Bakal Beterbangan di Batu

KOTA BATU – Mau menikmati atraksi paralayang di langit Kota Batu? Datang saja ke Kota Dingin ini besok (27/7) sampai Minggu (30/7). Ratusan atlet paralayang bakal beterbangan di langit Kota Pariwisata ini dari atas kawasan Gunung Banyak.

Tidak hanya atlet lokal, tapi juga mancanegara. Mereka akan ramai-ramai menyemarakkan event Batu International Tourism Paragliding Festival 2017 yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Batu. Event itu dipersembahkan oleh Dinas Pariwisata Kota Batu.

”Peserta tidak hanya berasal dari lokal, tetapi juga mancanegara. Ada yang dari India, Jepang, dan Australia,” terang Kepala Bidang (Kabid) Promosi dan Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Batu Chairil Fajar.

Saat ini, dia menambahkan, sudah ada 68 orang yang mendaftar untuk mengikuti event yang bakal digelar selama empat hari ini. Jumlah pesertanya pun diperkirakan akan bertambah lagi karena hari ini (26/7) merupakan hari terakhir pendaftaran.

Dia menjelaskan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan pariwisata di Kota Batu. Event itu juga untuk mengenalkan dan mempromosikan tempat pariwisata yang ada. ”Event ini menjadi salah satu strategi kami,” ungkap dia.

Selain itu, menurut Chairil, kegiatan itu menjadi momentum untuk mengingatkan kembali olahraga paralayang. Sebab, olahraga paralayang Jawa Timur terlahir di Gunung Banyak, Kota Batu. ”Saat itu, ada event Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2000,” tuturnya.

Chairil melanjutkan, spot Gunung Banyak merupakan tempat favorit bagi penghobi paralayang. Sebab, tempat untuk terbang maupun mendaratnya cukup bagus. ”Banyak tempat paralayang di Jawa Timur, tapi tidak ada yang sebagus di Batu,” katanya.

Pada hari terakhir nanti, acara diperkirakan makin seru. Ini karena pada saat itu bukanlah lomba, melainkan festival. Peserta akan dinilai dari keunikannya.

Pewarta : Bahrul Marzuki
Penyunting : Ahmad Yahya
Copy Editor : Indah Setyowati
Foto: Bayu Eka