Atasi Macet, Komisi C Bakal Revisi Amdal Lalin Jalan Veteran

MALANG KOTA – Kondisi kemacetan di Jalan Veteran Kota Malang, kemungkinan akan segera teratasi. Pasalnya, Komisi C DPRD Kota Malang akan segera lakukan kajian ulang terkait amdal lalu lintas di sepanjang Jalan Raya Veteran.

Sugiarto, anggota komisi C mengatakan jika Jalan Veteran merupakam salah satu jalan yang sangat riskan akan kemacetan. “Seluruh kawasan ini (veteran) dari MIN akan kami revisi ulang amdal lalinnya. Dari Matos, dan bangunan apa saja yg ada di sini,” ucap Sugiarto, dalam sidak di pembangunan gedung Transmart, Senin, (28/5).

Hal tersebut tentu disambut baik oleh masyarakat, khususnya mereka yang sering menggunakan jalur Jalan Veteran. Salah satunya Ujang Deden, 36. Pedagang di depan pujasera UB ini percaya jika pemkot mampu mengatasi kemacetan Jalan Veteran tersebut.

Menurutnya, yang menjadi penyebab kemacetan ialah kendaraan roda empat para driver online yang parkir di tepi jalan.

“Baik itu, saya percaya pemerintah bisa. Emang seting macet, yang menyebabkan macet ini mereka (driver online) banyak yang parkir sembarangan, gak bisa dibilangin. Harusnya parkir di belakang, tapi gak ada yang mau,” ujarnya



Sementara, Ade Satria, 25, justru meragukan keberhasilan upaya pemerintah itu. Driver online ini menilai tingginya volume kendaraan saat ini masih harus dipikirkan. Termasuk parkir mobil yang tak jarang malah memakan sisi kiri lajur jalan raya.

“Mungkin kalau ada lahan parkir untuk MIN, kemudian jalan depan Matos diperlebar, bisa ya. Entah bagaimana pemerintah nanti akan mengaturnya,” ucap Ade.

Diketahui sebelumnya, jika Jalan Veteran merupakan jalan utama yang sering macet. Selain menjadi pusat institusi pendidikan, tempat perbelanjaan, adanya kantor kedinasan, bahkan perumahan, juga dibarengi dengan banyaknya pengguna kendaraan.

“Selain bangunan sama lahan, kesadaran manusianya juga harus tumbuh. Kayak mereka yang menurunkan penumpang di depan sini (Matos) susah diatur, yang pakai mobil banyak, gak mau ngalah jalan kaki atau pakai kendaraan umum,” ujar salah satu security Matos yang tak mau disebutkan namanya.

Pria ini juga menambahkan, jika kemacetan akan bertambag dikala hari libur. “Apalagi libur dan sebentar lagi lebaran, kalau bisa dilakukan ya segeta diatasi,” tegasnya.

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Feni Yusnia