Atasi 4 Masalah Kecantikan dengan Ramuan Jahe

JawaPos.com – Tak hanya jadi bumbu dampur favorit saat memasak, jahe juga dikenal memiliki manfaat untuk kecantikan. Khususnya mengatasi masalah kecantikan pada kulit dan rambut.

Di balik rasanya yang hangat, jahe memiliki sifat antioksidan. Sehingga, jahe dipercaya bisa mengurangi munculnya bekas luka atau hipopigmentasi.

Misalnya, oleskan seiris jahe segar ke area kulit yang terluka dan biarkan mengering. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari setiap hari dan mulai melihat perubahan dalam beberapa minggu.

Tak hanya untuk bekas luka, dilansir dari Byrdie, Senin (20/5), ada empat manfaat jahe untuk kecantikan. Jadi, jika Anda ingin mencoba mengatasi masalah pada kulit dan rambut secara alami, cobalah ramuan jahe di bawah ini.

Meremajakan Kulit

Ilustrasi kulit terhidanr dari penuaan dini. Jahe dipercaya bisa melawan penuaan karena antioksidannya.(Cosmopolitan)

Mengonsumsi jahe dan mengoleskannya pada kulit memiliki manfaat anti penuaan dini. Jahe mengandung 40 sifat antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan melindungi penuaan. Jahe juga meratakan warna kulit dan meningkatkan elastisitas. Siapkan masker setiap dua mingguan dari parutan atau bubuk jahe, madu, dan jus lemon segar. Campur semua bahan dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas untuk memperlihatkan kulit bercahaya.

Tingkatkan Pertumbuhan Rambut

Jahe meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala, yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Banyaknya vitamin, mineral, dan asam lemak juga memperkuat helai dan memerangi kerontokan rambut. Cobalah membuat masker rambut dari parutan jahe dan minyak jojoba. Lalu, pijatkan ke rambut serta kulit kepala. Setelah 30 menit, bilas dan keramas seperti biasa.

Lawan Ketombe

Jahe memiliki antiseptik untuk menghilangkan ketombe. (Step To Health)

Sifat antiseptik jahe menjadikannya obat yang sangat baik untuk ketombe. Pijat minyak jahe atau campur jahe parut dengan minyak zaitun atau wijen ke kulit kepala. Biarkan selama 15 hingga 25 menit. Lakukan ini dua kali seminggu, maka akan bebas ketombe.

Mengurangi Selulit

Selain kualitas detoksifikasi dan menyegarkan, jahe juga bisa untuk mengurangi selulit. Merangsang sirkulasi dan mengencangkan kulit caranya dengan lulur lemon-jahe. Campurkan 1/2 cangkir gula, 1/4 cangkir minyak zaitun, 2 sendok makan jahe parut segar, dan kulit lemon. Lalu oelskan pada kulit.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani