Asyiknya Para WBP Lapas Perempuan Kelas II A kota Malang Memasak Aneka Kue Layaknya Chef Hotel Bintang Lima

KOTA MALANG- Lapas Perempuan Kelas IIA, Sukun, Kota Malang, Senin (5/8) nampak beda hari ini. Jika biasanya para Warga Binaan Pemasyrakatannya (WBP)nya hanya membikin masakan berat untuk makanan sehari-hari.

Kali ini, bertempat di ruang Bengkel Kerja (Bakery), 10 WBP asyik membikin beraneka ragam menu-menu makanan khas hotel dalam acara pelatihan memasak.

Mulai dari aneka kue dan pastry, kulit martabak, kulit kebab, puding, ice cream, cup cake, muffin, cake tart, dessert, sampai fruit carving diajarkan ke mereka oleh Chef de Partie Hotel Swiss Bell, Heri Dwi Poerwanto

Setelah diajarkan, terlihat pula beberapa WBP mencoba mempraktikkan langsung cara memasak chef tersebut. Dalam sekali percobaannya WBP nampak berhasil membuat spons cake dan juga dessert yang sudah diajarkan.

“Iya ternyata mudah kok. Kita aja belum pernah tau diajarkan ini kayak piscok,” ujar salah satu WBP yang enggan disebut namanya.



Memang benar perkataan WBP tersebut. Pasalnya, dalam pelatihan kali ini 10 WBP pilihan tersebut memang dilatih untuk membuat berbagai makanan dan minuman yang belum mereka ketahui sebelumnya.

Seperti penuturan, assistant Sales Manager Swiss-Belinn, Erwinda Moonica ke radarmalang.id berikut.

“Iya mereka kita ajarkan yang belum pernah mereka punyai soft skill memasaknya kali ini yang ada di hotel kami ajarkan di sini,” tutur ia.

Menu-menu tersebut memang sengaja ia pilih selain karena request dari pihak lembaga pemasyarakatan, juga sebagai bekal para WBP nantinya keluar dari lembaga pemasyarakatan ini.

“Kalau hanya buat makanan dan minuman kan banyak. Ini kita lebih menegaskan ke kue dan pastry yang hotel. Jadi nanti kesempatannya lebih terbuka dan mandiri kedepannya,” ujar ia.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Bob Bimantara Leander