Asyik, Ada Pojok Jamu di Puskesmas Kendalsari

MALANG KOTA – Hadirkan Pojok Hattra (penyehatan tradisional), Puskesmas Kendalsari bagi – bagi jamu ke pengunjung dan pasien, Jumat, (11/5). Berbagai macam jenis minuman tradisional terpampang di stan yang telah disiapkan oleh puskesmas di area vertical garden.

drg. Satindri Setyo Palupi, kepala Puskesmas Kendalsari menyampaikan, Pojok Hattra ini sebagai rangkaian terakhir menyambut ulang tahun Puskesmas Kendalsari yang ke – 34 tahun. Berbagai jamu tradisional dihadirkan untuk pengunjung maupun pasien tentunya dengan bebagai manfaat.

“Kita menghadirkan jamu beras kencur, kunir asam, gula asam, kunci suruh, dan kunir luntas. Jamu – jamu tersebut memiliki manfaat seperti meningkatkan nafsu makan, ada yang mengurangi kolesterol, menghilangkan keputihan, mengurangi bau badan dan yang lainnya dan tentunya bemanfaat. Kita juga menyediakan permen minyak kayu putih,” jelasnya.

Selain membagikan jamu, kegiatan ini juga untuk memperkenalkan tanaman Toga (tanaman obat keluarga) yang terpasang di area vertical garden Puskesmas Kendalsari. Di antaranya tanaman daun sendok, jinten, suruh, pandan wangi, bulu ayam, nanas kerang, bawang merah, kunyit, temu kunci, tempuyung, jahe merah, portulaka, dan masih banyak yang lainnya.

“Dari tanaman toga tersebut, masyarakat di edukasi bahwa itu semua bisa di manfaatkan dan di praktekkan di rumah. Salah satunya memulai denga adanya kegiatan minum jamu hari ini,” papar Aminatul Fitria, Tenaga Promkes (promosi Kesehatan) puskesmas Kendalsari.



Dengan diluncurkan Pojok Hattra ini diharapkan masyarakat teredukasi dan mengembalikan warisan budaya nenek moyang yaitu Jamu. Diketahui, pelayanan kesehatan tradisional sudah ada kembali melalui pelayanan BOK (Bantuan Operasional Kesehatan), salah satu upaya kesehatannya yaitu Yankestrad (Layanan Kesehatan Tradisional).

“Melalui Yankestrad, Puskesmas Kendalsari membuat Pojok Hattra dalam upaya tersebut. Biasanya kita penyuluhan, sekarang kita tampilkan langsung dengan ini,” imbuh drg. Satindri.

Kegiatan ini tutr diramaikan oleh penampilan senam dari Prolanis (program pengelolaan penyakit kronis). Kelompok Prolanis yang diikuti oleh Lansia sangat antusias menyambut acara ini. Berbalut seragam warna hijau dan topi, para Lansia senam dengan semangat. Mereka juga turut serta meminum jamu yang telah di siapkan oleh puskesmas.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Arifina