Asus Ungkap Laptop Gaming TUF Series di CES 2020

JawaPos.com – Asus mengumumkan jajaran baru laptop TUF Gaming mengawali tahun 2020 dengan desain baru serta performa lebih kencang dari sebelumnya. TUF Gaming Series yang diumumkan Asus adalah A15 dan F15 yang mengusung layar 15 inci, serta TUF Gaming A17 dan F17 yang mengusung layar 17 inci. Menariknya, ditawarkan dengan harga yang diklaim terjangkau.

Seri TUF Gaming terbaru kali ini juga tidak hanya menawarkan durabilitas tinggi, tetapi juga performa yang kencang berkat adopsi prosesor generasi terbaru yaitu AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors dan 10 th Gen Intel Core Processors. Dukungan komputasi grafis dari Nvidia Turing GPU ditambah layar dengan refresh rate 144 Hz juga membuat seri TUF Gaming semakin tidak tertandingi.

Unit yang ditenagai prosesor AMD, arsitektur ‘Zen 2’ terbaru dari AMD juga telah hadir untuk jajaran laptop melalui AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors. TUF Gaming A15 dan A17 ditenagai oleh AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors yang menggunakan konfigurasi 8 core dan 16 thread.

Prosesor generasi terbaru tersebut tidak hanya optimal untuk bermain game, tetapi juga untuk tugas berat lainnya khususnya multitasking. AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors sendiri merupakan prosesor seri terbaru yang diproduksi menggunakan metode pabrikasi 7nm.

Di seri TUF Gaming terbaru prosesor tersebut juga akan ditemani dengan memori DDR4-3200, paling kencang di antara laptop gaming pada umumnya. Kombinasi tersebut memungkinkan peningkatan performa yang signifikan secara keseluruhan.

Selain TUF Gaming A15 dan A17, ASUS juga akan menghadirkan TUF Gaming F15 dan F17 yang akan menggunakan 10 th Gen Intel Core Processors.

Baik versi AMD maupun Intel, laptop TUF Gaming seri terbaru akan ditenagai oleh chip grafis (GPU) NVIDIA GeForce yang telah menggunakan arsitektur Turing terkini. Laptop TUF Gaming seri terbaru akan tampil dengan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 2060 yang hadir menggunakan teknologi terbaru yang mengkombinasikan CUDA, RT, dan Tensor Core.

Berkat teknologi tersebut, laptop TUF Gaming seri terbaru sudah mampu melakukan hybrid rendering dengan fitur real-time ray tracing, serta memiliki dukungan AI acceleration. GPU berbasis arsitektur Turing juga unggul dalam hal video encoding.

Berkat teknologi terbaru, laptop yang menggunakan GPU berbasis arsitektur Turing dapat memanfaatkan fitur video encoder khusus yang memungkinkan proses rendering dengan meminimalkan penggunaan CPU. Teknologi tersebut memungkinkan pengguna dapat melakukan pekerjaan lain secara bersamaan, salah satu contohnya adalah bermain game sambil melakukan live video streaming dan recording.

Demi menghadirkan pengalaman gaming terbaik, laptop TUF Gaming seri terbaru sudah dilengkapi dengan layar yang memiliki refresh rate 144 Hz pada model 15 inci dan 120Hz pada model 17 inci. Berkat chip grafis AMD Radeon yang terintegrasi dengan AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors.

TUF Gaming seri terbaru telah mendukung teknologi AMD FreeSync dan teknologi adaptive sync sehingga kompatibel digunakan bersama dengan monitor gaming yang juga mendukung teknologi tersebut.

Untuk mendampingi performa, TUF Gaming Series terbaru juga diimbangi dengan fitur pendingin terkini. Fitur anti-dust cooling kembali hadir di TUF Gaming seri terbaru.

Fitur tersebut tidak hanya membuat debu dan kotoran yang dapat menyumbat heatsink di sistem pendingin dikeluarkan secara otomatis, tetapi juga meningkatkan durabilitas hardware dalam jangka panjang serta memastikan performa tertap terjaga melalui pendinginan yang optimal tanpa kompromi.

Pada bagian bawah laptop gaming ini terdapat akses ke M.2 NVMe SSD serta RAM. TUF Gaming seri terbaru kali ini mendukung penggunaan M.2 NVMe SSD hingga 1 TB dan RAM hingga 32 GB.