ASN Tidak Nyoblos? Siap-Siap Disanksi

KOTA BATU – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyiapkan reward and punishment khusus dalam Pemilu 2019 kemarin (17/4). Apresiasi bakal diberikannya pada tempat pemungutan suara (TPS) yang angka partisipasinya tinggi. Sementara punishment bakal diberikan pada aparatur sipil negara (ASN) yang terbukti tidak ikut mencoblos. Bagi Dewanti, ASN wajib memberi contoh baik dalam agenda lima tahunan tersebut.

Pernyataan itu dia sampaikan setelah menyalurkan suara di TPS 40 Kelurahan Pesanggrahan, Kecamatan Batu, kemarin (17/4). ”Besok (hari ini), saya meminta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk memeriksa jari tiap ASN,” terang Dewanti. Sanksi administrasi sudah dipersiapkan dia. Sayangnya, detail sanksi itu masih belum dibebernya.

Di sisi lain, hadiah khusus untuk TPS di Kota Batu yang berhasil menarik partisipan tinggi juga sudah dipersiapkannya. ”TPS pemilih terbanyak ada hadiah khusus, tapi rahasia,” terang dia sembari tersenyum. Apresiasi khusus untuk TPS yang didesain unik juga sudah disiapkannya. ”Karena itu kan harus ada penilaian, kerja sama dengan KPU. Kami belum ada tim untuk penilaian itu,” tambahnya.

Sementara itu, kemarin (17/4) dia turut memonitor jalannya pesta demokrasi di Kota Batu. Dia memastikan bila pihaknya tidak mengalami kendala yang berarti. ”Tadi saya antre juga nggak lama, begitu juga pemilih lainnya,” kata Dewanti. Pada kesempatan itu, dia berangkat bersama putrinya, Ganis Pratiwi Rumpoko, Kepala Kejaksaan Negeri Sri Heny Alamsari, dan istri Kapolres Batu, Enic Budi Hermanto.

Pewarta               : Mochamad Sadheli
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Bayu Mulya
Fotografer          : Mochamad Sadheli