Asisten Pintar Siri akan Jadi OS Sendiri untuk Perangkat IoT

JawaPos.com – Apple berencana membuat asisten suara pintar Siri menjadi OS Sendiri. Namanya Siri OS. Hal ini juga bakal mendukung perangkat Apple HomePod, yakni speaker pintar dengan fitur perintah suara dan TV. HomePod sendiri memang tidak sepopuler dan sesukses milik vendor lainnya, terutama jika dibandingkan dengan Amazon dan Google.

HomePod Apple menjalankan versi iOS yang dimodifikasi menjadi Siri OS. Peranti lunak inilah yang dikatakan bakal hadir untuk perangkat berbasis Internet of Things (IoT), termasuk HomePod.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari Gizchina, Senin (22/7), Apple TV memiliki versi modifikasi yang disebut tvOS. Apple Watch pun memiliki versi modifikasi yang disebut watchOS. Begitu pun iPad Pro memiliki versi modifikasi, yakni iPadOS.

Oleh karena itu bukan kebetulan bahwa pada ajang Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020 mendatang Apple dapat memperkenalkan Siri OS. Sistem operasi baru yang dirancang untuk HomePod dan perangkat untuk IoT secara umum.

Laporan Voice Tech 2019 dari perusahaan investasi Mangrove menganalisis bagaimana perusahaan itu harus mengubah cara berinteraksi dengan teknologi selama 10 tahun ke depan. Seperti yang bisa ditebak dari namanya, perintah suara ada di posisi pertama. Ini tentu dikombinasikan dengan penggunaan sistem berdasarkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan machine learning.

Sistem baru (termasuk SiriOS) akan memiliki kapasitas pemahaman yang sama dengan manusia yang dilengkapi dengan persentase akurasi dalam pengenalan suara lebih dari 95 persen. Sistem tidak hanya dapat memahami konteksnya, tetapi juga menawarkan bentuk komunikasi yang jauh lebih alami, nyaman, dan efisien.

Para ahli pun berharap Apple akan merilis SiriOS untuk komunitas pengembangnya di WWDC 2020. Hal tersebut akan mempercepat inovasi dan adopsi perangkat IoT Apple.

Brett Kinsella dari Voicebot.ai menyebut SiriOS dibutuhkan untuk meningkatkan inovasi. Termasuk sebagai bentuk kemajuan dibanding asisten suara Amazon dan Google. Sementara tidak ada diskusi tentang bentuk apa yang harus diambil oleh SiriOS nantinya.

Dengan sistem operasi khusus untuk IoT seperti SiriOS, Apple akan lebih fokus pada pengembangan kategori produknya. Hal tersebut pada akhirnya akan berorientasi pada pasar. Menurut perkiraan beberapa analis, pasar IoT akan memiliki lebih dari 50 miliar perangkat yang terhubung di seluruh dunia pada 2020.