Asah Pendidikan Karakter 73 Sangga

WAJAK – Setelah sukses menggelar Gita Tegak I di Kecamatan Ngajum 2015 silam, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Swasta Kabupaten Malang kembali menghadirkan kegiatan Pramuka bertajuk Gita Tegak II. Melibatkan seluruh pelajar tingkat SMA Swasta Kabupaten Malang, kegiatan digelar di Bumi Perkemahan Patokpicis, Kampung Enem, Kecamatan Wajak. Selama 3 hari, terhitung sejak Jumat (3/11) hingga Minggu (5/11), sebanyak 73 sangga (regu Pramuka penegak, Red) saling beradu kemampuan skill terbaiknya.

Berbeda dari sebelumnya, kegiatan berkemah yang digelar rutin tiap dua tahun sekali ini dihadiri anggota Komisi X DPR RI dari Dapil Malang Raya Drs Hj Lathifah Shohib. Dalam sambutannya saat apel pembukaan Jumat malam lalu (3/11), Lathifah berpesan agar seluruh siswa harus tetap bersemangat dan mengeksplorasi kemampuan diri. Dia juga menambahkan, generasi muda tidak boleh minder walaupun belajar di sekolah swasta.

”Kalau dulu, orang yang dianggap hebat itu yang pintar matematika, terutama dapat nilai 100,” ujar Lathifah. ”Sekarang tidak demikian, murid yang pandai melukis tanpa menguasai matematika, jika belajar melukis dengan sungguh-sungguh bisa jadi sukses,” imbuhnya. Karena itu, Lathifah menambahkan, murid SMA swasta juga bisa memaksimalkan pengembangan potensi yang dimiliki.

Sementara itu, Ketua MKKS SMA Swasta Kabupaten Malang Drs H Musoli Haris MPd menjelaskan, kegiatan Gita Tegak ini merupakan agenda rutin tiap dua tahun sekali. ”Dua tahun lagi Insyaallah akan kami hadirkan kembali Gita Tegak III dan seterusnya,” katanya. Adapun peserta Gita Tegak II terdiri dari 73 sangga yang berasal dari SMA swasta se-Kabupaten Malang.

”Rinciannya 38 sangga putra dan 35 lainnya sangga putri,” tambah Ketua Panitia Gita Tegak II Kak Sahara Indah Sutrisni SPd. Dia juga menambahkan, total peserta yang hadir kurang lebih 906 orang, terdiri dari 730 murid, 146 pendamping, dan 30 orang panitia.



Selain apel pembukaan, upacara pagi juga dilaksanakan Sabtu lalu (4/11). Tampak hadir Plt Kepala Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Malang Drs Ibnu Harsoyo MPd, Camat Wajak Drs Atsalis Supriyanto SPd sekaligus bertindak sebagai pembina upacara, Ka Kwaran se-Kabupaten Malang, pejabat Perhutani, dan desa setempat.

Pewarta: map
Copy Editor: Indah Setyowati
Foto: MKKS SMA swasta