Asah Kedisplinan Maba, ITN Gandeng Rindam V Brawijaya

KOTA MALANG – Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Institut Teknologi Nasional (ITN) memasuki hari ketiga. Kali ini, para maba mendapatkan materi bela negara dari Rindam V Brawijaya.

Selama dua hari, hingga besok (12/9), materi bela negara yang bakal didapatkan meliputi wawasan kebangsaan, isu radikalisme, hingga sistem pertahanan nasional.

“Materi-materi tersebut kami sampaikan untuk menunjukan mahasiswa bahwa Indonesia ini beragam dan mereka harus menumbuhkan rasa toleransi agar hidup rukun bersama dalam keberagaman,” ujar Komandan PKKMB dari Rindam V Brawijaya, Amirullah Muhammad Tachir.

“Dan untuk sistem pertahanan itu kita berikan agar mereka tahu ketika negara ini diserang bukan hanya tanggung jawab TNI Polri tapi mereka semua juga intinya menumbuhkan rasa cinta tanah air,” sambungnya.

Selain materi, Kata Amir, Rindam V Brawijaya juga akan memberikan pelatihan Peraturan Penghormatan Militer (PPM) dan juga Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada maba ITN.



Dikatakannya, pelatihan PPM itu akan mengajarkan mahasiswa agar terbiasa menghormati satu sama lain. Sementara PBB dilatihkan untuk melatih kedisiplinan mahasiswa baru.

“Jadi nantinya mahasiswa ini gak perlu dipaksa, ditekan untuk mengerjakan tugas. Kan sudah kita latih ini,” jelas Amir yang menjabat sebagai Guru Militer Golongan VI Taktik Teknik Rindam V Brawijaya.

Tak lupa, ia mengatakan, agar wawasan Bela Negara ini tidak terasa membosankan, pihaknya juga memberikan kegiatan outbound dan yel-yel kepada maba ITN.

“Nantinya maba juga akan mendapat pengalaman bekerjasama di outbound dan yel-yel itu,” paparnya.

Sementara itu, Rektor ITN Malang, Dr Ir Kustamar MT berharap maba bisa mengambil manfaat dari kegiatan PKKMB ini.

“Kami inginkan mahasiswa itu bisa disiplin. Sistem belajar di ITN itu kan berbasis proses. Jika (mahasiswa) mengikuti proses dengan baik dan disiplin maka jaminan lulus sudah pasti. Sebaliknya, kalau mereka hanya mengandalkan ujian saja pasti tidak lulus,” ujarnya.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Editor: Indra M