Asa Timnas Pelajar Indonesia Meraih Juara ASFC 2019

Asa Timnas Pelajar Indonesia Meraih Juara ASFC 2019 - JPNN.com

Menpora Zainudin Amali bersama Deputi Pembudayaan olahraga Raden Isnanta, Seskemenpora Gatot Dewa Broto dan pejabat Kemenpora. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA – Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ajang tahunan Asian School Football Championship (ASFC ) yang ke-47 2019 pada 15-25 November. Even yang dipusatkan di Kota Balikpapan, Kaltim, itu akan diikuti delapan negara.

ASFC ke-47 ini akan dihelat di dua stadion, yakni Batakan dan Sudirman. Kegiatan ini diikuti tim yang pemainnya masih usia pelajar, karena itu yang boleh main adalah U-18.

Kegiatan ini rutin setiap tahun digelar dengan negara-negara yang selalu ambil bagian di event ini, secara bergantian menjadi tuan rumah. Indonesia sendiri diharapkan bisa meraih prestasi tinggi di Balikpapan, karena menjadi tuan rumah.

Untuk ASFC 2019 kali ini, negara yang ambil bagian antara lain Korea, China, Thailand, Singapura, India, Malaysia, Srilanka, dan Indonesia.

Program ini merupakan salah satu kegiatan yang berada di bawah kendali Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI.

ASFC juga memiliki sinkronisasi program dengan Inpres 3/2019 tentang percepatan pembangunan sepak bila nasional. Sebab, pesepak bola muda Indonesia mendapatkan wadah turnamen yang berkualitas.

Menghadapi negara-negara lain yang sepak bolanya berada di level atas dan juga ada negara yang selevel dengan Indonesia.

Sebelumnya, Tim Pelajar Indonesia selalu nyaris juara. Di edisi 2017, saat itu digelar di Iran, tim Pelajar Indonesia takluk dari tuan rumah di partai puncak. Demikian juga di 2018 yang digelar di India, Indonesia gagal juara setelah dikalahkan Thailand.