ARTOKU, Aplikasi Bikinan RPMR-FEB UB yang Batu UMKM Kelola Keuangan

KOTA MALANG – Era digitalisasi saat ini merambah ke ranah ekonomi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Mulai dari tata kelola keuangan hingga pemasaran tak lepas dari teknologi digital .

Digitalisasi di bidang pengelolaan keuangan misalnya. Rumah Pengusaha Malang Raya (RPMR) dan Tim Doktor Mengabdi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) berkolaborasi untuk menciptakan web-based financial report.

Kolaborasi itu menciptakan sebuah web based finance report bernama ARTOKU atau dalam bahasa Indonesia artinya uangku. Aplikasi ini memudahkan pencatatan dan pelaporan keuangan UMKM yang kerap bermasalah.

“Dengan web based ini antara keuangan pribadi dan usaha dapat dipisahkan. Sehingga financial report lebih rapih,” kata Ketua Tim Doktor Mengabdi FEB UB, Ainur Rofiq, SE, SKom, MM,PhD.

Dari inovasi ini, pada Sabtu (5/10) di Laboratorium Kewirausahaan FEB UB diadakan pengujian web based tersebut. Dalam Focus Group Discussion (FGD) itu, perwakilan 250 UMKM mendapatkan pendampingan dari Satrio Agung Wicaksono, SKom, MKom dalam mengoperasikan ARTOKU.

Tidak hanya dilatih intensif, UMKM juga mendapatkan arahan dari Risca Fitri Ayuni, SE., MM., MBA.,CMA dan Sigit Pramono, SE, MSc,CMA mengenai strategi-strategi yang dapat dilakukan untuk mendongkrak kegiatan pemasaran.

Perlu diketahui, UMKM dalam FGD tersebut merupakaan binaan RPMR. Sejumlah kegiatan diadakan oleh RPMR seperti pelatihan-pelatihan rutin bidang pemasaran dan pengembangan produk bagi UMKM hingga pengurusan izin usaha.

Melalui kolaborasi ini, ARTOKU diharapkan dapat mendukung usaha para UMKM yang tergabung di RPMR untuk terus berdaya saing.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: istimewa
Editor: Indra M