Arti ”Rumah” dari Sisi Fotografi

MALANG KOTA –  Istilah ”satu kata berjuta makna” agaknya cocok menggambarkan pameran yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Panorama Fotografi Universitas Islam Malang (Unisma) ini.

Mengambil tempat di Rumah 1870 yang berada di area Kampung Heritage Kauman, mereka mengambil tema hasil foto berupa ”rumah”.

Idho Zafaris, ketua pelaksana acara itu, menjelaskan bila tema tersebut bukanlah sekadar bangunan tempat tinggal semata.

Namun juga bisa diartikan sebagai tempat untuk siapa saja. Mulai dari manusia, hewan, hingga tumbuhan. ”Sehingga dalam berkarya bisa luas cakupannya.

Dan rumah itu bisa buat siapa saja,” kata dia. Hasilnya, ada yang memotret bangunan rumah ibadah. Ada yang menghadirkan visual kamar kos-kosan. Ada pula yang menggambarkan ”rumah” dalam bentuk smartphone.

Dia menambahkan bila pameran foto itu diikuti 18 calon anggota UKM Panorama Fotografi. Ketua Umum UKM Panorama Fotografi M. Hendika menambahkan, sebelum pameran ini diadakan, ada proses seleksi yang dilakukan mereka.

”Kalau kualifikasi tidak ada, selama ada nilai estetika dan masuk ke dalam tema, ya kami pilih,” kata dia. Proses seleksi itu dilakukan untuk 35 foto yang masuk.

Di hari terakhir pameran yang bakal digelar Sabtu (9/11) nanti, ada agenda sarasehan karya. Rencananya, UKM Fotografi se-Malang Raya bakal turut hadir.

Dalam sarasehan tersebut, para peserta pameran akan mempresentasikan karya-karyanya. ”Tidak ada kompetisi di pameran ini, hanya sharing untuk literasi visual saja,” tutupnya.

Pewarta : Eri
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Bayu Mulya