Arema vs Perseru Serui: Menang atau jadi Pesakitan

Arema saat melawan PSIS

KOTA MALANG – Banyak yang beranggapan bahwa angka 13 itu membawa sial. Celakanya, Arema FC saat ini berada di peringkat 13 klasemen sementara Liga 1. Pasca kekalahan 1-2 dari PSIS Semarang, Minggu (4/11), posisi Arema FC terus melorot di klasemen. Dari awalnya nyaman di posisi delapan, hingga terjebak di posisi 13.

Bisa dibilang, posisi Arema FC di klasemen Liga 1 sedang kritis. Sebab, Arema FC hanya unggul lima poin atas PS TIRA, tim peringkat 16, atau peringkat paling atas zona degradasi.
Arema FC tentu tak ingin berlama-lama terjebak dalam situasi sulit. Kesempatan untuk memperbaiki posisi, sekaligus menjauh dari zona degradasi terbuka lebar hari ini.

Arema FC bakal menghadapi tim juru kunci, Perseru Serui, di Stadion Kanjuruhan. Di atas kertas, Arema FC harusnya tak akan kesulitan mengalahkan Perseru.

Apalagi, Arema FC punya track record bagus ketika menghadapi Perseru di Malang. Dalam empat laga, Arema FC mampu meraih tiga kemenangan. Sementara satu laga lainnya berakhir seri. Itu belum termasuk satu laga uji coba yang dimenangkan Arema FC.

Meski begitu, pelatih Arema FC Milan Petrovic tak ingin terlena dengan track record itu. Dia menilai bahwa Perseru punya potensi menyulitkan timnya.



“Kami harus fokus selama 90 menit. Pertandingan lawan tim Papua tak pernah mudah. Mereka punya kecepatan, dan power. Itu menjadi tekanan tersendiri bagi pemain,” ujar pelatih berkebangsaan Slovenia ini.

Apalagi, Arema FC lagi-lagi tidak bisa menurunkan kekuatan terbaiknya. Dedik Setiawan dan Bagas Adi Nugroho masih membela timnas di ajang Piala AFF. Hanif Sjahbandi dan Rivaldi belum pulih dari cedera.
Lalu, Ridwan Tawainella belum berada dalam kondisi fisik ideal setelah sakit tipes. Jayus Hariono yang tampil gemilang dalam beberapa pertandingan terakhir juga sempat sakit.

Jayus absen pada sesi latihan Kamis (8/11) dan Jumat (9/11). Meski sudah hadir pada sesi latihan kemarin pagi (10/11), tapi sulit mengharapkan Jayus bisa berada dalam kondisi 100 persen ketika menghadapi Perseru.

“Ya, kami sedang menghadapi problem (absennya sejumlah pemain). Kami akan mencoba sejumlah solusi. Memberi kesempatan pada pemain lainnya,” ujar Milan.

Yang jelas, tekad Arema FC untuk meraih kemenangan sudah bulat. Bila mampu meraih kemenangan, posisi Arema FC di klasemen bisa meroket. Tidak menutup kemungkinan, Dendi Santoso dan kawan-kawan bakal kembali ke peringkat delapan.

Sementara itu, pelatih Perseru Wanderley Junior mengatakan bahwa dirinya optimis bisa membawa tim meraih kemenangan di Stadion Kanjuruhan. “Apa yang dicapai PSMS Medan membuat saya termotivasi. Mereka bisa mengalahkan Persib,” kata dia.

Ya, Jumat lalu (9/11), PSMS sukses menekuk Persib dengan skor 1-0 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali. Kemenangan ini mengejutkan lantaran PSMS menjadi satu dari tiga tim penghuni zona degradasi. Sedangkan Persib adalah tim papan atas dan punya kans juara.

Wanderley pun terus memompa semangat anak asuhnya jelang laga lawan Arema FC. “Laga ini bukan hanya untuk menyelamatkan tim dari degradasi. Tapi juga untuk menyelamatkan nasib pemain musim depan. Kami yakin bisa lolos degradasi. Kami selalu positif,” pungkas pelatih berkebangsaan Brazil ini.

Penyunting : Indra Mufarendra