Arema FC U-18 Rekrut Pemain Jepang

KOTA MALANG – Persaingan Elite Pro Academy Liga 1 2019 U-18 dipastikan bakal sengit. Arema FC pun terus menambah pemain yang berkualitas untuk level ini. Yang teranyar, pemain kelahiran Hiroshima, Jepang, Seiya Da Costa Lay. Pemain berusia 16 tahun itu direkrut untuk membela skuad Arema FC U-18 di kompetisi tahun ini.

Media Officer Arema FC Sudarmaji menyatakan, pemain ini memang kelahiran Jepang. Namun, ada darah Indonesia dalam dirinya. ”Kalau tidak salah dari Ibunya orang Indonesia. Dia (Seiya Da Costa Lay) juga belum menentukan kewarganegaraan,” kata dia.

Sebab, sejauh ini, belum ada regulasi yang mengatur pemain yang belum menentukan kewarganegaraan. ”Karena dia ini statusnya bukan pemain asing,” lanjut dia.

Meski demikian Arema tetap akan berkonsultasi ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator liga dan PSSI. ”Besok (hari ini) akan kami kirim surat,” kata dia. Rencananya, pemain yang masih berusia 16 tahun itu akan bergabung untuk Arema FC U-18.

Sebelum bergabung, lanjut Sudarmaji, pemain dengan posisi center back itu juga menjalani masa trial. ”Empat hari lalu dia datang dan mengikuti seleksi, oleh pelatih ternyata direkomendasi,” lanjut pria asal Banyuwangi itu. Adanya pemain asal Jepang ini, lanjut Sudarmaji, menjadi hal positif untuk akademi dan sepak bola di Elite Pro.

”Minimal Akademi Arema dapat respons peminat asal luar negeri, tidak hanya dari dalam negeri,” kata dia. Bergabungnya pemain asal Jepang ini, juga menjadi tolok ukur untuk terus serius membangun akademi yang lebih baik. ”Ini motivasi kami di tengah akademi belum memberikan banyak dampak positif seperti menyumbang pemain Timnas U-16,” tandasnya.

Pewarta               : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor         : Dwi Lindawati
Penyunting         : Abdul Muntholib