Arema FC Target 51 Poin, Wajib Sapu Bersih Laga Kandang

Pemain Arema FC Hendro Siswanto (kaus putih) berduel dengan pemain Perseru Serui Rabu malam (6/6).

MALANG – Prestasi Arema FC pada putaran pertama Liga 1 musim 2018 ini jauh dari harapan. Mengawali kompetisi dengan hasil imbang 2-2 melawan Mitra Kukar di kandang, Arema terus mendapatkan hasil buruk di laga-laga berikutnya. Bahkan, hingga beberapa pekan pertama, klub berjuluk Singo Edan itu harus terbenam di dasar klasemen dan tidak kunjung lolos dari zona degradasi.

Meski begitu, manajemen tetap mematok target tinggi. Selain menyapu bersih laga sisa putaran pertama pasca-Lebaran, pihak manajemen juga mewajibkan pelatih Arema FC Milan Petrovic menyabet semua laga home. Hal tersebut disampaikan General Manager Ruddy Widodo.

”Kalau dari manajemen, target 51 poin harus dapat,” ujarnya.

Untuk diketahui, hingga pekan ke-13, Arema hanya mampu meraih 15 poin. Padahal, Arema FC memiliki 6 laga kandang. Jika Purwaka Yudhi dkk bisa menyapu bersih laga kandang, seharusnya Arema bisa mendapat raihan 18 poin. Artinya, Singo Edan masih memiliki utang 3 poin sebelum putaran pertama ini usai.


Karena itu, pihaknya berharap timnya bisa meraih hasil lebih baik ke depan. ”Memang kalau mau aman, syaratnya harus sapu bersih laga home,” ujar pria yang akrab disapa Ruddy tersebut.

Tak hanya itu, dia menyimpulkan bahwa jika timnya bisa meraih poin penuh di kandang, otomatis dapat menjamin agar Arema tetap berada di Liga 1 musim depan.

”Mending kalah satu kali di kandang daripada tiga pertandingan di kandang semuanya meraih hasil imbang,” ujarnya.

Memang benar, saat melawan Mitra Kukar, Persib Bandung, dan PSM Makassar, Arema FC hanya mampu meraih hasil imbang. Artinya, dari tiga pertandingan tersebut Arema hanya meraih tiga poin, jika mampu menang dua kali, maka sebenarnya bisa mendapat 6 poin.

Karena itu, minus tiga poin di putaran pertama tersebut harus dibayar pada laga kandang. ”Bagusnya pada putaran kedua start-nya harus 0, kalau ada utang ya harus meraih kemenangan di laga kandang,” ujar manajer berusia 47 tahun tersebut.

Dia berharap ada beberapa laga tandang yang berhasil mereka menangkan. ”Semoga saja ada 2–3 laga away yang harus diambil,” imbuhnya.

Untuk diketahui, pada putaran kedua, Arema memiliki 9 laga kandang, artinya minimal Arema FC harus mendapatkan 27 poin. Sedangkan laga sisa pada putaran pertama ini, Arema menyisakan 2 laga kandang dari total 4 laga. Jadi, jika berhasil memenangkan semua laga kandang, semestinya anak asuh Milan Petrovic bisa mendapatkan total 48 poin. Sedangkan jika bisa meraih kemenangan di 17 laga kandang, setiap klub semestinya bisa meraih 51 poin.

Pewarta: Gigih Mazda
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Darmono