Arema FC Lebih Singa dengan Penggawa Lokal

Arema FC Langsung Songsong Lawan Persebaya

MALANG – Untuk kali pertama Arema FC meraup tiga poin di Liga 1. Klub berjuluk Singo Edan ini sukses menundukkan pemuncak klasemen Persipura Jayapura dengan skor 3-1 di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, kemarin sore (27/4). Sama seperti saat menantang Madura United, pada laga sore kemarin Arema FC kembali banyak diperkuat pemain lokal. Hanya Thiago Furtuoso satu-satunya pemain asing yang dimainkan sebagai starter.

Tidak ada nama Balsa Bozovic maupun Ahmet Atayev yang biasanya selalu mengisi lini tengah Arema. Dengan pemain lokal, Arema FC menampilkan permainan terbuka. Mereka tampil garang layaknya segerombolan singa. Hingga menit ke-89, Arema FC unggul 3-0. Sayang, mereka gagal clean sheet karena kebobolan pada menit ke 90.

Seperti halnya saat melawan Madura United, saat Dendi Santoso dkk bermain cukup militan melawan klub berjuluk Sapeh Kerrap dan hampir memaksa hasil imbang 2-2.

Namun, sayang gawang Utam Rusdiana kembali kebobolan untuk ketiga kalinya dan skor jadi 3-2. Ketika itu, Balsa Bozovic hanya diturunkan sebagai untuk menggantikan Thiago Furtuoso yang cedera.

Tampaknya, memarkir pemain asing adalah salah satu strategi yang coba diterapkan tim pelatih untuk variasi formasi dan strategi. ”Kita hanya ingin agar situasi bisa sedikit berbeda,” terang pelatih Arema FC Joko Susilo.

Pria yang akrab disapa Gethuk itu menuturkan alasannya menurunkan mayoritas pemain lokal adalah untuk mengatasi masalah mental pemain yang turun lantaran tidak bisa menang dalam lima pertandingan pertama.

”Strategi ini kami jalankan untuk mengatasi masalah nonteknis. Terutama mentality,” imbuh pelatih yang juga tengah sibuk mengejar lisensi kepelatihan Pro AFC itu.

Para pemain lokal pun menjawab kepercayaan pelatih. Mereka bermain impresif dan tidak getar meski harus melawan tim kuat seperti Persipura Jayapura. Meski begitu, masih banyak yang perlu diperbaiki oleh Gethuk.

”Jadi, yang masih kurang memang konsentrasi. Itulah yang akan kami evaluasi,” katanya.

Selain Thiago Furtuoso yang dimainkan sebagai starter, pemain asing lain yang diturunkan pada laga kemarin hanya Ahmet Atayev. Pemain asal Turkmenistan itu juga hanya bermain selama 7 menit untuk menggantikan Rivaldy Bawuo pada menit ke-87 dalam laga yang mendapatkan injury time selama empat menit itu. Sedangkan, Balsa Bozovic hanya melakukan pemanasan di pinggir lapangan tanpa dapat kesempatan dimainkan.

Ketika disinggung apakah strategi itu akan digunakan ketika menantang Persebaya Surabaya pada Rabu pekan depan, (9/5) Gethuk mengaku strategi itu tidak akan digunakan lagi.

”Tidak. Kami tidak akan menggunakan ini ketika lawan Persebaya,” tegasnya.

Tapi, pada laga sore kemarin dia memang percaya pada pemain lokalnya. Gethuk juga tidak ingin dianggap bahwa pemain asing tengah mengalami penurunan kualitas.

”Ini bukan masalah teknis bagus atau buruk. Kami hanya ingin merasakan situasi yang berbeda,” tegas pelatih berusia 47 tahun itu.

Pewarta: Gigih Mazda
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Rubianto