Arema FC Bermimpi Punya Tim Liga 3

MALANG KOTA – Para pemain lokal yang jarang bermain di Liga 1 tampaknya tak perlu berkecil hati. Lantaran, ada skenario kalau pemain lokal akan dipersiapkan di Piala Indonesia yang akan digelar mulai 7 April mendatang.

Media Officer Arema FC Sudarmaji mengatakan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan di Piala Indonesia. Apalagi, regulasi di kompetisi ini juga belum turun. Termasuk soal pemain asing yang kemungkinan besar berbeda dengan regulasi di Liga 1.

”Bisa jadi ketika tim yang lolos di babak delapan besar baru boleh memainkan pemain asing. Di sinilah peluang pemain lokal untuk tampil,” kata pria yang mengawali karirnya sebagai wartawan ini.

Menurut dia, Piala Indonesia tidak hanya membuka peluang untuk pemain lokal, tapi juga bagi Akademi Arema. Dengan begitu, bisa jadi yang didaftarkan nanti melebihi dari 30 pemain Arema FC saat ini. ”Bisa jadi pemain Arema U-19 yang lahir antara tahun 1998–1999 ikut menambal kebutuhan tim,” imbuhnya.

Hanya, menurut Sudarmaji, hal tersebut masih sebatas wacana. Semuaya masih menunggu regulasi Piala Indonesia dan kebijakan pelatih kepala, Joko ”Gethuk” Susilo.

”Kalau dari kami, tujuannya hanya satu, menambah jam terbang pemain akademi Arema. Apalagi kuantitas akademi Arema itu sangat banyak,” katanya.

Menambah pengalaman dengan berlaga di Piala Indonesia ini sangat penting bagi pemain lokal dan pemain muda. Sebab, saat ini tidak ada kompetisi amatir resmi untuk akademi Arema. Oleh karenanya, salah satu peluangnya adalah unjuk gigi di Piala Indonesia.

”Kami juga pernah bertanya ke Asprov (PSSI Jawa Timur, Red) soal menjadikan akademi Arema jadi klub amatir. Ini juga untuk menambah jam terbang (para pemain),” terang Darmaji.

Hanya, hal itu masih sebatas pertanyaan. Sebab, tahun ini Arema FC belum punya klub amatir yang berlaga di Liga 3. ”Mungkin tahun depan, meskipun namanya nanti bisa saja tidak sama. Mungkin nanti kami akan melakukan pertemuan lagi dengan Asprov,” pungkasnya.

Pewarta : Gigih Mazda
Penyunting : Irham Thoriq
Copy Editor : Arief Rohman
Foto : Darmono