Aplikasi Pinjol ini Beri Keuntungan juga Bagi Pemberi Pinjaman

JawaPos.com – Perkembangan fintech jenis Peer-to-Peer (P2P) lending sangat pesat. Kini, platform online semacam ini tak hanya hadir untuk memberikan kemudahan bagi pencari dana segar.

Beberapa fintech P2P lending atau aplikasi pinjaman online juga memberikan manfaat kepada pemberi dana atau pemberi pinjaman. Salah satunya yakni PT Kas Wagon Indonesia (Cashwagon).

CEO Cashwagon, Asri Anjarsari menjelaskan, pihaknya membuka akses pinjaman jangka pendek untuk masyarakat yang membutuhkan dana. Para pemberi pinjaman juga dapat memperoleh keuntungan signifikan dari kesepakatan tersebut.

“Para pemberi pinjaman dapat meraih persentase bunga tahunan (APR) hingga 25 persen hanya dengan mendaftar, memilih strategi pendapatan, dan menyalurkan dananya,” ujarnya dalam siaran persnya, Rabu (22/1).

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan tawaran spesial berupa tambahan bonus bunga lima persen APR. Penawaran spesial ini juga memungkinkan para pemberi pinjaman memilih produk dengan total bunga tahunan maksimal 30 persen per tahun yang berlaku dari 20 Januari sampai 31 Januari 2020.

Asri mengungkapkan, pihaknya telah mengalami pertumbuhan yang signifikan hanya dalam waktu dua tahun. Dengan lebih dari 350 ribu peminjam yang telah terverifikasi dengan lebih dari sejuta pinjaman yang telah diproses. Bahkan, lebih dari Rp 1,5 triliun dana pinjaman yang telah dicairkan.

Asri menyebut, untuk pendanaan dengan tenor 180 hari atau lebih, Cashwagon membuat pilihan pembayaran bunga bulanan. Jika pemberi pinjaman memilih pendapatan dalam jangka pendek, ia akan mendapatkan semua bunga pada saat jatuh tempo.

Tentunya, pemberi pinjaman dapat memilih untuk menarik uang serta pendapatannya, atau mempercayakannya lagi pada perseroan untuk mendapatkan keuntungan kembali. “Sistem penilaian berbasis teknologi A.I (Artificial Intelligence) yang kami miliki, memungkinkan kami dengan cepat menentukan kemampuan seorang peminjam dalam membayar cicilan, untuk efisiensi dan keamanan,” tuturnya.

Asri menambahkan, keuntungan yang dapat diperoleh para pemberi pinjaman di Cashwagon di antaranya, memulai dengan uji coba (trial) hanya dengan Rp 500 ribu selama 10 hari, dapat meraih bunga sampai 30 persen per tahun. Adapun jangka waktu pendanaannya bervariasi, dari 10 sampai 360 hari.

Cashwagon telah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan mendapatkan Sertifikasi ISO 27001 (Sistem Manajemen Keamanan Informasi) dari British Standards Institutions (BSI). Artinya, pelayanannya telah memenuhi standar dari lembaga yang telah dikenal secara internasional untuk keamanan informasi.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri