Aplikasi Kolaborasi Diganjar Dua Medali

Saat ini, banyak anak-anak yang sangat akrab dan sulit dipisahkan dengan gadget. Terkadang orang tua tidak berdaya untuk bisa memisahkan anak dengan gadget-nya. Kondisi inilah yang memicu ide Yasmin Zhafira untuk membuat aplikasi belajar berbasis gadget.

Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP-UB) ini berkolaborasi dengan Alifia Nirmala Putri dari jurusan psikologi untuk membuat aplikasi khusus anak-anak usia playgroup dan TK. Hasilnya, karya mereka meraih penghargaan Gold Medal for Social and Quality of Life dan Special Award from World Women Inventors & Entrepreneur Association (WWIEA) di Thailand Inventor’s Day bulan Februari lalu di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC).

Kegiatan yang diadakan oleh National Research Council of Thailand ini diikuti peserta dari berbagai negara di dunia. Proses awal yang ditempuh Yasmin dan Alifia ialah mengirimkan abstrak di bidang education, kemudian diseleksi dan melakukan presentasi. ”Jadi kami mengirimkan abstrak di bidang education dengan membuat gagasan tentang aplikasi belajar yang ditujukan untuk anak-anak usia playgroup dan TK,” ujar Yasmin

. Alasan mereka mengangkat tema ini selain ingin memiliki pengalaman, juga terinspirasi dari kondisi sosial mereka yang memiliki adik di rumah. ”Ketimbang terus main gadget, lebih baik kita buat aplikasi belajar untuk mereka,” ungkap Yasmin.

Aplikasi yang digagas Yasmin dan Alifia ini diharapkan dapat menjadi media belajar yang menyenangkan untuk anak-anak. Beberapa fitur dalam aplikasi ini menggunakan basis scanner, di antaranya, fitur Get Work dan fitur Fun Quiz.

Fitur ini akan membantu pengguna untuk membaca, serta latihan mengingat kata dan benda melalui visual dan audio.  ”Ke depan, kami berharap aplikasi ini dapat launching di App-store,” imbuh mahasiswi angkatan 2016 ini.

Menurut dia, ide aplikasi ini diperoleh dari sikap kritis akan hal-hal di lingkungan sekitar. ”Intinya, kita harus peduli dulu dengan sekitar, setelah itu baru lakukan aksi nyata. Jangan bosan untuk cari informasi, karena dari hal tersebut kita banyak mendapatkan ide-ide yang segar dan kreatif,” pungkasnya.

Pewarta               : Sandra Desi
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Ahmad Yani