APBD 2019 Belum Dibahas, Anies Sesumbar Bisa Disahkan Akhir Tahun

JawaPos.com – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 sampai saat ini belum dibahas oleh Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta. Padahal, terhitung kurang dari dua bulan sudah akan memasuki akhir 2018.

Sesuai informasi yang didapatkan, penyerapan APBD 2018 Pemprov DKI Jakarta pun belum optimal. Terlihat sekali Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah fokus pada penekanan serapan anggaran di masing-masing SKPD.

“Insya Allah tidak berapa lama lagi akan mulai di Banggar,” tutur Anies di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (12/11).



Anies optimistis penyerapan tinggi dapat terkejar, apabila semua SKPD dapat segera menyelesaikan tupoksinya dengan maksimal. Sehingga, dia meyakini APBD 2019 yang tengah disusun dapat disahkan akhir tahun.

“Bismillah mudah-mudahan,” ungkapnya singkat diakhiri tersenyum.

Sebelumnya diketahui, Anies mengajukan rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2019 sebesar Rp 87,3 triliun. Anggaran ini nyatanya naik sekitar Rp 4,1 triliun dari APBD-P 2018 senilai Rp 83,2 triliun.

Ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah menyatakan bahwa kenaikan anggaran yang cukup fantastis itu sudah dikaji melalui beberapa perhitungan. Salah satunya segi ekonomi yang rentan dengan masyarakat.

“Ini sudah hasil kajian, sudah hasil memerhatikan asumsi ekonomi makro terhadap pertumbuhan ekonomi di Jakarta, inflasi, termasuk harga dolar, semua itu sudah dianalisis,” tutur Saefullah pada Kamis (11/10).

(rgm/JPC)