Aparatur di Kota Malang Disiapkan BPBD Jadi Aparatur Tangguh Bencana

KOTA MALANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang terus mengupayakan sosialisasi terkait tanggung jawab mengenai pencegahan, kedaruratan hingga pasca bencana.

Khususnya menengok Malang termasuk daerah yang punya riwayat bencana yang cukup tinggi, termasuk tadi malam, Rabu, (23/1) angin kencang dan hujan melanda Malang menyebabkan beberapa pohon tumbang dan infrastruktur rusak.

BPBD kali ini menyasar aparatur yang terdiri atas camat dan lurah di lingkup Kota Malang untuk dilatih agar ikut tanggap bencana.

“Pelatihan aparatur ini diikuti oleh 62 orang peserta, yang diisi materi pelatihan terkait kelurahan tangguh dan juga diisi dengan materi kebencanaan,” papar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Malang, Tripim Apriliyanto.

Menurut BPBD, ada tiga pilar pelaku penanggulangan bencana, yakni pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. “Ketiga pilar ini saling terkait satu dengan yang lain, sehingga tidak ada kesan saling lempar, maka dari itu acara semacam ini penting, untuk sosialisasi,” ujar Plt Kepala BPBD Kota Malang, Handi Priyanto dalam acara pelatihan yang kali ini berjudul “Pelatihan Aparatur Tangguh Bencana” di Hotel Gajahmada Graha, Rabu (23/1).



Selain karena BPBD tidak bisa berjalan sendiri dalam melaksanakan tugas dan fungsi kebencanaan, acara ini juga dibuat guna menambah ilmu kesiapsiagaan yang harus dimiliki tiap aparatur.

“Jadi minimal nantinya mereka punya gambaran bagaimana sistem dan pola penanganan bencana di wilayahnya masing-masing,” pungkas Handi.

Menurutnya, ilmu lewat seminar semacam ini penting karena agar bila terjadi bencana, tidak perlu panik dan akhirnya mengakibatkan tidak tahu harus berbuat apa.

“Setiap ada bencana, kita terkesan gugup dan panik sehingga tidak tahu harus berbuat apa, tidak boleh seperti itu, makanya lewat seminar ini kita ingin mengedukasi para aparatur, paling tidak biar tahu penanganan awal,” tutupnya.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: BPBD Kota Malang