Antrean Mengular di Counter Refund Bandara Ngurah Rai Sinergi Jawa Pos

Anissa, penumpang asal Jakarta ketika ditemui di terminal domestik mengatakan jika pihaknya akan kembali k hotel sementara menunggu bandara dibuka kembali. “Saat ini saya masih akan menunggu di hotel sampai bandara dibuka kembali, tadi saya sudah melakukan reschedule, rencananya besok akan berangkat,” jelasnya. 

Communication & Legal Section Head Bandara Internasional Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim, mengatakan jika hingga pukul 11.30 WITA, tercatat pergerakan penumpang pesawat terdampak yang melakukan alih moda transportasi menggunakan transportasi darat, sebanyak 2 bus dengan total 135 penumpang menuju Mengwi, 1 mobil berisi 4 penumpang menuju Padang Bay, 14 penumpang registrasi menuju Surabaya. “Untuk yang ke terminal Mengwi dan Padangbay kami sediakan free sutthel, sedangkan bagi yang ingin langsung ke Juanda-Surabaya itu berbayar dan pembayarannya langsung dilakukan ke pihak Organda,” jelasnya. 

Terkait proses pelayanan imigrasi, lanjut Israwadi, sesuai hasil koordinasi dengan kantor imigrasi setempat, penumpang internasional yang sudah melewati proses imugrasi keluar, akan diberikan exit pass yang berlaku selama 1 minggu. Untuk selanjutnya, pengurusan perpanjangan selama 1 bulan dilakukan di Kantor Imigrasi. Bagi penumpang internasional yang belum melewati proses imigrasi, dapat mengurus perpanjangan selama 1 bulan di Kantor Imigrasi.

Hingga pukul 11.30 WITA, seluruh aktivitas penanganan penumpang, baik domestik maupun internasional, telah direlokasi ke area publik. “Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kepadatan di lantai 2 airlines counter dalam melayani penumpang internasional untuk melakukan reschedule,” lanjutnya.  



Selain terdapat pembatalan 445 penerbangan, juga terdapat 10 penerbangan yang melakukan pengalihan pendaratan (divert). Ke-sepuluh penerbangan tersebut yaitu:

1. Garuda Indonesia GA 5150 rute Zengzhou-Denpasar yang dialihkan ke Bandara Juanda Surabaya.

2. Garuda Indonesia GA 897 rute Guangzhou-Denpasar yang dialihkan ke Bandara Juanda Surabaya.

3. Garuda Indonesia GA 859 Shanghai-Denpasar yang dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

4. Citilink QG859 Jakarta-Denpasar yang dialihkan ke Bandara Juanda Surabaya.

5. Qatar Airways QR964 Doha-Denpasar yang dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

6. China Eastern MU5029 Shanghai-Denpasar dialihkan ke Bandara Changi Singapura.

7. China Eastern MU781 Beijing-Denpasar dialihkan ke Bandara Changi Singapura.

8. Sriwijaya Air SJ1159 Guangzhou-Denpasar dialihkan ke Bandara Juanda Surabaya.

9. Lion Air JT927 Makassar-Denpasar dialihkan ke Bandara Juanda Surabaya.

10. Jetstar Australia JG117 Singapura-Denpasar-Perth, penerbangan langsung menuju Perth.

(bx/gek/yes/JPR)