Antisipasi Virus Korona, Menkes: Tingkatkan Imunitas dan Berdoa

JawaPos.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto meminta masyarakat tak panik dengan penyebaran virus korona. Terawan mengatakan, sejauh ini memang belum ditemukan vaksin untuk mencegah virus korona. Akan tetapi, lanjutnya, virus korona hanya akan menyerang orang yang daya tubuhnya lemah.

“Karena itu cara mencegahnya gampang, melakukan gaya hidup sehat, sarapan, di situlah awal,” tegasnya dalam rapat koordinasi di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Senin (27/1).

Terawan menambahkan, musuh virus adalah imunitas yang baik. “Pencegahannya jangan panik, enjoy saja, gaya hidup sehat,” kata Terawan.

Pola hidup bersih dan sehat merupakan upaya preventif. “Supaya tidak kena, jaga imunitas tubuh kita, dengan cara gaya hidup sehat. Olahraga. Makan teratur, minum cukup,” jelasnya.

Maka dari itu, Terawan memandang kasus penyebaran virus korona semestinya jadi momentum untuk memulai hidup sehat. Cuci tangan sebelum makan adalah salah satu cara sederhana.

“Dari data yang ada, kita bersyukur, kita jangan sampai kena. Ini sudah loncat. Lewat, ke Australia,” katanya.

Terawan juga menanggapi kemungkinan virus tersebut bisa menular lewat mata. Dia menyarankan untuk memakai kaca mata ketika bepergian.

“Pakai kaca mata kalau memang isunya bisa nempel ke mata. Kalau imunitas baik, ya enggak akan kena. Selain menjaga imunitas, ya jangan lupa berdoa menurut agama masing-masing,” tukasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani