Antisipasi Serangan Hacker Lagi, Ini yang Dilakukan Diskominfo Kota Malang

Bukan Karena Hacker, Masalah Server UNBK SMP ada di Aplikasinya

KOTA MALANG – Website resmi BKD yang memuat informasi seleksi CPNS, www.bkd.malangkota.go.id diketahui sempat diserang hacker, Senin (11/11). Lalu, apa upaya BKD Kota Malang agar situasi serupa tak terulang lagi?

Kabid Aptika Diskominfo kota Malang, Muhammad Sidiq mengatakan, website resmi Pemkot Malang, termasuk BKD memiliki tiga lapis sistem keamanan. Yakni Firewall, Anti-Virus yang berlisensi, dan juga hardware infrastruktur manajemen sistem keamanan.

“Website semua dinas kota Malang itu sudah terintegerasi satu dalam malangkota.go.id. Di sana sudah sesuai standar SOP Kominfo terkait sistem keamanan website. Kami tiga lapis sistem keamanan. Kesemuanya bertujuan menghadang masuknya IP atau hacker ke website kami,” ujarnya.

Namun, ia menjelaskan kalau ketiga sistem lapis keamanan tersebut juga disetting tidak terlalu ketat. Hal ini, kata Sidin, karena pihak diskominfo kota Malang mempertimbangkan kenyamanan user saat berkunjung ke website tersebut.

“Seperti contoh kami longgarkan itu supaya nyaman ya tidak usah register terus memasukan data setiap kali masuk ke website tersebut. Kan itu nanti membuat susah para pengunjung saat browsing di website itu,” ujarnya. “Kalau bisa diperketat akan kita ketatkan tapi ya balik lagi nanti akan kesusahan pengunjungnya,” imbuhnya

Jadi dalam hal ini, kata Sidik, ketiga sistem berlapis itu bertujuan untuk memperlama proses hacker dalam membajak website Pemkot Malang.

“Tiga lapis itu jadi untuk memperlama proses hacking. Sebelum hacker sukses masuk ke sistem. kami sudah mengetahui ada notifikasi di salah satu keamanan,” bebernya kepada radarmalang.id

Itulah yang terjadi kala website tersebut dibajak Senin (11/11). “Mereka (hacker) mencoba masuk sistem, tapi itu butuh waktu lama mulai jam 09.00. Akhirnya, jam 10.30 kami perbaiki module dan script yang dirusak hacker,” kata dia.

Sebagai informasi, website bkd.malangkota.go.id ialah portal resmi pemkot Malang yang digunakan sebagai sumber informasi bagi para pelamar CPNS kota Malang sebelum mereka mendaftar dan mengunggah berkas-berkas persyaratan daftar CPNS 2019 di website nasional sscn.bkn.go.id.

Pewarta : Bob Bimantara
Foto : Istimewa
Editor : Indra M